bdadinfo.com

Simulasi Sispam Kota, Bupati Eka Putra Ajak Masyarakat Tanah Datar Tempuh Musyawarah Atasi Masalah - News

Bupati Eka Putra menyaksikan simulasi Sispam Kota di Polres Tanah Datar.  (Prokopim)

- Beberapa massa Anarkis yang menjadi pemicu kerusuhan diamankan Polisi, hingga akhirnya kerumunan massa itu berhasil dibubarkan secara paksa dan kondisi kembali aman terkendali.

Semua itu bagian dari simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) yang digelar Polisi Resort (Polres) Tanah Datar untuk pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun 2024 mendatang, di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Jumat (13/10/2023).

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. selepas menyaksikan simulasi tersebut mengapresiasi kesiapan personel gabungan yang terdiri dari Polisi, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) serta petugas lainnya.

Baca Juga: Dukung Alek Pacu Jawi, Bupati Eka Putra: Ini Daya Tarik Tanah Datar untuk Dikunjungi

"Pemerintah Daerah sangat berterima kasih atas simulasi Sispam Kota pengamanan Pemilu 2024 yang dilakukan hari ini. Kita telah melihat kesiapannya, tentunya Pemerintah Daerah juga harus siap untuk itu," ujar Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra mengatakan, dari serangkaian simulasi Sispam Kota pengamanan Pemilu banyak pelajaran dipetik. Dimana, setiap masalah yang terjadi, bisa diselesaikan secara musyawarah tanpa terjadinya kerusuhan.

"Kita mengajak seluruh masyarakat Tanah Datar, untuk mengambil pelajaran pada simulasi ini. Ambil jalan musyawarah ketika ada masalah, sebelum turun kejalan. Jadikan Pemilu yang akan datang, sebagai Pemilu yang damai. Terlebih penting gunakanlah hak pilih, karena satu suara akan sangat bearti bagi kemajuan bangsa," ujar Bupati Eka Putra.

Sementara itu, Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra, S.I.K mengatakan simulasi Sispam Kota pengamanan Pemilu sebagai sarana edukasi bagaimana proses pengamanan ketika terjadi kerusuhan disaat pesta demokrasi berlangsung.
"Harapan kita, di Tanah Datar suasana Kamtibmas selama pesta demokrasi berjalan sesuai yang diinginkan. Yakni, aman, damai dan kondusif, tanpa ada ganguan apa pun," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa simulasi Sispam Kota juga sebagai bagian dari kesiapan untuk pengamanan Pemilu.

"Inilah bentuk kesiapan dilapangan. Mohon dukungan semua pihak untuk kelancaran Pemilu di Tanah Datar," pungkas Kapolres. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat