bdadinfo.com

Awas! Brand ‘Made In France’ Belum Tentu Buatan Prancis, Begini Tips Biar Gak Tertipu - News

Label Origine France Garantie, lebih terpercaya ketimbang Made In France. (dok. Thomas Grangette Opticien)

- Negara Prancis telah lama dikenal sebagai penghasil brand berkelas dunia, muai dari pakaian, jam tangan, hingga parfum. Bahkan, di antaranya berlabel brand luxury alias mewah.

Sebut saja brand mewah asal Prancis seperti Louis Vuitton, Dior, Gucci, Prada, hingga produsen parfum seperti Yves Saint Laurent dan Alexandre. J.

Ketenaran Prancis dengan ragam brand tersebut membuat banyak perusahaan dari berbagai negara tertarik mengekor bisnis ini.

Baca Juga: by.U Hadirkan Program Besbi 4U dengan Berbagai Kejutan dan Hadiah Menarik untuk Gen Z

Nahasnya, banyak perusahaan, atau setidaknya rumah produksi atau butik, yang melabeli produknya ‘Made In France’ padahal bukan asli buatan Prancis.

Dilansir dari laman bastilleparfums.com, Senin, 16 Oktober 2023, tips ini dapat Anda gunakan untuk menghindari kesalahan dan membeli produk asli buatan Prancis berlabel ‘Made In France’. Waspadai penipuan!

Pertama-tama, Anda harus tahu bahwa menandai asal produk tidak wajib di Eropa, kecuali untuk produk makanan dan pertanian.

Baca Juga: Usaha Rumah Makan Turut Kena Dampak Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin, Pemilik Dituntut Cari Strategi Lain

Jadi, berhati-hatilah, karena meskipun ada label ‘Made In France’, tidak menjamin bahwa produk tersebut benar-benar berasal dari Prancis.

Ada juga produk yang meski tidak menjamin bahwa 100% proses pembuatannya dilakukan di Prancis, tetapi setidaknya sebagian besar prosesnya dilakukan di Prancis.

Karena itu, sebuah produk bisa saja melabeli buatannya dengan ‘Made In France’ meski hanya memproduksi, misalnya, kotak kardusnya di Prancis.

Baca Juga: Tergolong Brand Mewah Anyar, Mengapa Para Konglomerat Tergila-gila pada Merek Brunello Cucinelli?

Jadi untuk membantu memandu Anda, lihatlah situs web merek tersebut. Semakin banyak mereka memberi tahu tentang proses pembuatannya, semakin baik.

Label juga dapat memberi Anda petunjuk tambahan tentang asal produk. Misalnya, label Origine France Garantie, berbentuk bulat dengan pita tiga warna (warna bendera Prancis).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat