bdadinfo.com

Jalan Tol Bangkinang Pangkalan Memasuki Babak Akhir, Gunakan Teknologi Super Canggih Bisa Meredam Gempa Bumi - News

Jalan Tol Pekanbaru -Padang Seksi Pekanbaru -Bangkinang sepanjang 30,9 km. Ruas tol ini merupakan bagian dari koridor pendukung (sirip) Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan daerah yang berada di Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

- Pembangunan ruas jalan tol Bangkinang pangkalan dari provinsi Riau menuju ke provinsi Sumatera Barat semakin mendekati tahap akhir pengerjaan hanya hitungan bulan dengan target penyelesaian pada tahun 2024.

Ruas jalan tol Bangkinang pangkalan ini akan bisa dinikmati oleh masyarakat membentang diantara perbukitan dan lembah pembangunan luas jalan tol Bangkinang Bangkalan ternyata mengaplikasikan sebuah teknologi canggih.

Dilansir dari laman BPJT Kementerian PUPR bahwasanya salah satu teknologi yang digunakan dalam pembangunan luas jalan tol ini adalah teknologi Lite Rubber Biring atau bantalan karet inti timbal yang memiliki peran penting untuk meningkatkan ketahanan struktur jembatan.

Baca Juga: JTTS Gagal Nyambung Sampai ke Aceh, Tahun 2024 Jalan Tol Trans Sumatera Baru Hanya Akan Sampai Ruas Tol Ini

Adapun penerapan teknologi ini memberikan kualitas terbaik pada struktur jalan tol sehingga menambah umur ketahanan aman dan nyaman saat berpotensi terjadi bencana alam.

Seperti gempa bumi fungsi teknologi ini juga sangat vital dalam menjaga keamanan struktur saat terjadi gempa yang memiliki kemampuan redaman yang tinggi serta dibuat dari karet alam yang melimpah di Indonesia sehingga struktur ketahanan jalan tol lebih terjamin

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama badan usaha jalan tol terus berkomitmen dalam pemanfaatan transformasi digital untuk proyek konstruksi yang lebih efisien dan cerdas.

Sehingga menghasilkan infrastruktur yang lebih tangguh dan tahan bencana. Adapun dukungan untuk penggunaan teknologi bangunan tahan gempa yang lebih praktis dan terkini untuk meredam energi gempa.

Baca Juga: Ganjar Tawarkan Masyarakat Sumbang Nama Singkatannya dengan Mahfud MD: Cocoknya Apa?

Karena Indonesia berada diantara 3 lempeng besar dunia yang aktif salah satunya pulau Sumatera yang masuk ke dalam daerah yang sangat berpotensi terkena gempa bumi.

Selain diterapkan pada ruas jalan tol Bangkinang Bangkalan teknologi ini juga diterapkan pada ruas jalan tol Binjai Pangkalan Brandan.

Tentunya kualitas konstruksi dan keselamatan jalan tol harus menjadi perhatian utama diharapkan pembangunan jalan tol Bangkinang Pangkalan dapat selesai tepat waktu dan dapat segera dinikmati oleh masyarakat dengan capaian progres lebih dari 80%.

Luas jalan tol Bangkinang pangkalan yang menjadi bagian dari feeder Pekanbaru Padang ini semakin mendekati penyelesaian ruas jalan tol ini terus menyambung dengan ruas jalan tol Pekanbaru Bangkinang yang telah diresmikan sebelumnya.

Baca Juga: Telkomsel Dukung Turnamen MPL ID Season 12, Konsisten Perkuat Ekosistem Games dan Esports Tanah Air

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat