bdadinfo.com

Juara! Sumatera Barat Rawan Gempa Besar, Proyek Jalan Tol ini Akhirnya Pakai Peredam Canggih di Konstruksinya - News

Ilustrasi proses konstruksi dari proyek pembangunan Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan yang menggunakan teknologi LRB anti gempa yang canggih (Dok: Pelayanan Publik terpadu PUPR)

- Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di cincin api atau ring of fire dunia.

Hal tersebut menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung berapi aktif dan salah satu negara yang kerap dilanda gempa bumi.

Pulau Sumatera merupakan salah satu daerah di Indonesia yang seringkali mengalami gempa bumi yang hebat dalam beberapa waktu kebelakang ini, tak terkecuali Sumatera Barat.

Baca Juga: Profil Jalan Tol Indralaya-Prabumulih di Sumatera Selatan, Rangkaian JTTS Baru yang Diresmikan Presiden Jokowi

Sumatera Barat tercatat pernah mengalami beberapa kali gempa hebat seperti pada 2009 dan 2007.

Hal yang tidak diinginkan dari adanya sebuah gempa adalah kerusakan bangunan yang sangat merugikan.

Baik bangunan atau fasilitas publik dan rumah milik masyarakat, hampir semuanya terdampak guncangan hebat yang ditimbulkan oleh gempa bumi.

Baca Juga: Sah! Jalan Tol Baru Sepanjang 64 Km di Sumatera Selatan ini Bakal Diresmikan Jokowi, Sirip JTTS Makin Terlihat

Namun, sebuah kabar membanggakan hadir pada salah satu proyek pembangunan infrastruktur modern.

Sebagaimana diketahui, saat ini Sumatera Barat tengah dalam upaya mengembangkan daerahnya melalui sejumlah pembangunan infrastruktur.

Salah satunya adalah melalui pembangunan jalan tol yang juga termasuk dalam bagian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bandara Baru di Sumatera Barat Hari ini, Lokasi Boleh Terpencil Soal Mewah Bisa Diadu

Ruas Jalan Tol Padang Pekanbaru sepanjang 254 km pun menjadi salah satu proyek kebanggan masyarakat yang ke depannya akan mengkoneksikan Sumatera Barat dan Riau.

Salah satu seksi jalan tol pada pembangunan Jalan Tol Padang Pekanbaru tersebut diketahui akan mengaplikasikan teknologi anti gempa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat