bdadinfo.com

Biayanya Sampai Rp80 Triliun, Ternyata ini Alasan Tol Padang-Pekanbaru Jadi Salah Satu Proyek JTTS Termahal!  - News

Tampak Jalan Tol Padang-Pekanbaru seksi Bangkinang-Pangkalan yang berdiri di atas lembah daerah Kampar, Riau | infrastruktur

- Proyek Jalan Tol Padang Pekanbaru terus dikebut pengerjaannya hingga saat ini.

Total terdapat 2 (dua) seksi jalan tol pada ruas Jalan Tol Padang Pekanbaru yang saat ini sedang dalam tahap konstruksi.

Sebagaimana diketahui, Jalan Tol Padang Pekanbaru merupakan jalan tol sirip dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Baca Juga: Tol Padang Pekanbaru Tuntas, Riau Siap Resmikan 24 Km yang Rampung di Akhir Tahun 2023: Sumatera Barat Kapan?

Jalan Tol Padang Pekanbaru tersebut ke depannya akan mengkoneksikan dua provinsi penting di Pulau Sumatera yakni Riau dan Sumatera Barat.

Akan tetapi, mungkin banyak yang belum mengetahui jika proyek pembangunan infrastruktur Jalan Tol Padang Pekanbaru tersebut termasuk pembangunan mahal dalam rangkaian JTTS.

Dilansir dari data Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR (BPJT PUPR), Jalan Tol Padang Pekanbaru mendapat nilai investasi sekira Rp80 triliun.

Baca Juga: Asyik! Sejengkal Lagi Tol Bangkinang Pangkalan sampai di Sumatera Barat, Tahun Baru dapat Jalan Tol Baru

Angka tersebut cukup jauh apabila coba dibandingkan dengan ruas Jalan Tol Trans Sumatera lainnya.

Sebagai contoh Jalan Tol Kapal Betung di Sumatera Selatan sepanjang 111 km hanya mendapat nilai investasi sekira Rp11 triliun dengan biaya konstruksi sebesar Rp9 triliun.

Perbedaan cukup jomplang akan dapat dirasakan apabila melihat biaya konstruksi dari Jalan Tol Padang Pekanbaru yang mencapai Rp45 triliun.

Baca Juga: Capai Rp12 T! Begini Rupa Jalan Tol Mahal Sepanjang 74 Km di Aceh yang Ditargetkan Rampung di Akhir tahun 2023

Meski demikian, beberapa faktor berikut ini disinyalir menjadi penentu besarnya biaya pembangunan Jalan Tol Padang Pekanbaru dan besarnya nilai investasi yang didapatkan.

Jalan tol ini ke depannya akan menghubungkan dua ibu kota provinsi yaitu Kota Pekanbaru dan Padang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat