bdadinfo.com

Full Produk Dalam Negeri, Jembatan Jalan Tol Terpanjang Se-Indonesia di Sumatera Selatan sedang Dibangun: Kapan Selesai? - News

Ilustrasi pembangunan jembatan jalan tol terpanjang di Indonesia, Jembatan  Musi V di Sumatera Selatan yang mengguakan produk dalam negeri dalam proses konstruksinya (Dok: Kementerian PUPR)

- Provinsi Sumatera Selatan diketahui tengah mengerjakan sebuah proyek pembangunan jembatan jalan tol terpanjang.

Jembatan tersebut tercatat masih dalam bagian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera di Provinsi Sumatera Selatan, yakni Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung disebut menjadi lokasi dari proyek jembatan jalan tol terpanjang itu.

Baca Juga: Sedang Dibangun, Proyek Jalan Tol di Sumatera Selatan ini Siap Pecahkan Rekor Khusus di Indonesia: Apa yah?

Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau yang dikenal juga dengan Jalan Tol Kapal Betung sendiri merupakan jalan utama atau backbone dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Adapun jembatan jalan tol terpanjang tersebut disebut-sebut tidak hanya akan menjadi yang terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera saja, melainkan juga di seluruh Indonesia.

Proyek pembangunan jembatan jalan tol terpanjang di Sumatera Selatan tersebut diberi nama Jembatan Musi V.

Baca Juga: Membelah Bukit dan Berdiri di Atas Lembah, Jembatan Layang Tol Bangkinang-Pangkalan Menyihir dengan Keindahannya!

Jembatan Musi V didesain memiliki panjang 1,7 km dan berdiri di atas Sungai Musi yang termahsyur di Sumatera Selatan.

Dengan total panjang 1,7 km, Jembatan Musi V ini akan mengungguli Jembatan Ogan sebagai jembatan jalan tol terpanjang di Indonesia.

Menariknya, Jembatan Ogan sendiri juga terletak di Provinsi Sumatera Selatan dan melintasi Sungai Musi.

Baca Juga: Tol Bangkinang di Riau Tuntas Akhir Tahun 2023, inilah Perbedaan Jelas dengan Tol Sumatera Barat yang Berjalan Lambat!

Hal yang patut dibanggakan dari proyek pembangunan jembatan jalan tol terpanjang ini adalah Jembatan Musi V dibangun dengan menggunakan bahan yang berasal dari dalam negeri.

Disebutkan bahwa 99 persen bahan yang digunakan untuk membangun Jembatan Musi V ini berasal dari produk dalam negeri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat