bdadinfo.com

Respon Fatwa MUI, Wali Kota Bukittinggi Ajak Dukung Perjuangan Palestina Melalui Surat Edaran - News

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar (IST)

- Wali Kota Bukittinggi Erman Safar mengeluarkan surat edaran, Nomor: 400/10325/Kesra/XI-2023, sebagai tindaklanjut dari Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 83 Tahun 2023 tanggal 8 November 2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina.

Dalam surat edaran tersebut, Wali Kota Bukittinggi mengajak Kepala OPD, instansi, kantor/lembaga, ormas, pengurus masjid, serta seluruh warga Kota Bukittinggi untuk mendukung perjuangan Palestina.

Imbauan ini disampaikan sebagai bentuk respons terhadap situasi di Palestina dan sebagai wujud solidaritas dari masyarakat di Kota Bukittinggi.

Wali Kota meminta agar seluruh umat Islam mendukung perjuangan rakyat Palestina melalui berbagai cara, seperti menggalang dana kemanusiaan, mendoakan kemenangan, dan melaksanakan shalat ghaib untuk para syuhada Palestina.

Baca Juga: Ternyata Inilah 5 Kabupaten dengan Wilayah Terluas di Sumatera Barat

Selain itu, dalam surat edaran tersebut, warga Bukittinggi juga diimbau untuk menggunakan produk dalam negeri sebanyak mungkin.

Wali Kota mengajak masyarakat untuk menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel atau yang mendukung penjajahan dan Zionisme.

Wali Kota juga menekankan agar Kepala OPD, instansi, kantor, lembaga, serta seluruh ASN menjadi teladan dalam menjalankan himbauan ini.

Upaya ini diharapkan dapat memberikan dukungan nyata dari masyarakat dan pemerintahan Kota Bukittinggi terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Dengan surat edaran ini, diharapkan pesan dukungan dan solidaritas kepada Palestina dapat tersebar luas di kalangan masyarakat Kota Bukittinggi.

Baca Juga: Masuk 10 Besar Peringkat Internasional, Bandar Soekarno Hatta Kalahkan Singapura dan Jepang untuk Kategori Ini

Langkah ini juga sejalan dengan semangat kerjasama antarnegara dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Berikut 4 poin imbauan Wali Kota Erman Safar;

1. Umat Islam dihimbau untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina, seperti gerakan menggalang dana kemanusiaan dan perjuangan, mendoakan untuk kemenangan, dan melakukan shalat ghaib untuk para syuhada Palestina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat