bdadinfo.com

3 Daerah Udara Terbersih di Sumatera Barat, Bukan Bukittinggi atau Padang Ternyata Juaranya Kabupaten Ini, Punya Kualitas Udara Skor 93 - News

Ada tiga daerah dengan predikat terbersih di provinsi Sumatera Barat. Julukan daerah terbersih nomor tiga dipegang oleh Kabupaten Padang Pariaman. Adapun indeks kualitas udara (IKU) di bumi sikerei ini sebesar 95,26.

- Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: Koalisi Kaum Muda untuk Demokrasi dan Perubahan Iklim: Kasih Contoh Politik yang Beretika - Moral pada Anak Muda!

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.640.629 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Baca Juga: Gelar FGD, Koalisi Kaum Muda untuk Demokrasi dan Perubahan Iklim Ajak Anak Muda Pilih Pemimpin yang Peduli Isu Demokrasi dan Perubahan Iklim

Berdasarkan data dari sumbar.bps.go.id berikut adalah tiga daerah dengan predikat terbersih di provinsi Sumatera Barat sebagai berikut:

1. Kabupaten Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Kini Bisa Bayar Pakai QRIS BRImo di Singapura

Kabupaten ini berada di luar dari wilayah pulau Sumatera, yang terdiri atas empat pulau utama.

Kabupaten Kepulauan Mentawai dibentuk berdasarkan UU RI No. 49 Tahun 1999 dan dinamai menurut nama asli geografisnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat