bdadinfo.com

Sumatera Barat Tak Pantas Masuk Daftar Kota Metropolitan, Malah Nomor.2 Lebih Layak Jadi Metropolitan dengan Julukan Venice of the East - News

Penduduk pulau Sumatera sekitar 57.940.351. Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta, berarti

 - Siapa yang tidak mengenal sejarah panjang Pulau Sumatera adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 473.481 km².

Penduduk pulau Sumatera sekitar 57.940.351. Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta, berarti "pulau emas").

Kemudian pada Prasasti Padang Roco tahun 1286 dipahatkan swarnnabhūmi (bahasa Sanskerta, berarti "tanah emas") dan bhūmi mālayu Tanah Melayu untuk menyebut pulau Sumatera.

Baca Juga: Terus Dibombardir Israel, Intip Sejarah dan Peranan Penting RS Al-Shifa di Gaza, Palestina yang Gagah Berdiri jadi Simbol Harapan

Selanjutnya dalam naskah Negarakertagama dari abad ke-14 juga kembali menyebut "Bumi Malayu" (Melayu) untuk pulau ini.

Asal nama Sumatra berawal dari keberadaaan Kerajaan Samudra yang terletak di pesisir timur Aceh. Diawali dengan kunjungan Ibnu Batutah, petualang asal Maroko ke negeri tersebut pada tahun 1345.

Dia melafalkan kata Samudra menjadi Shumathra, dan kemudian menjadi Sumatra, selanjutnya nama ini tercantum dalam peta-peta abad ke-16 buatan Portugis, untuk dirujuk pada pulau ini, sehingga kemudian dikenal meluas sampai sekarang.

Saat ini pemerintah sedang fokus pembangunan metropolitan baru atau kota baru di Pulau Sumatera dalam rangka untuk memajukan perekonomian dan kemakmuran kota tersebut.

Baca Juga: Kulik Lagi Tentang Jalan Layang MBZ: Dari Nama Putra Mahkota UEA Hingga Telan Biaya Rp11,69 T

Adapun daftar metropolitan terbaru di Pulau Sumatera dengan nama baru sebagai berikut:

1. Medan

Siap-siap Sumbar Tertinggal Lagi, Inilah Daftar Metropolitan Terbaru di Pulau Sumatera dengan Nama Baru
Siap-siap Sumbar Tertinggal Lagi, Inilah Daftar Metropolitan Terbaru di Pulau Sumatera dengan Nama Baru

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar keempat di Indonesia setelah DKI Jakarta, Surabaya, dan Bandung, serta kota terbesar di luar Pulau Jawa, sekaligus terbesar di Pulau Sumatera.

Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kualanamu yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat