bdadinfo.com

Deretan Ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang Telah Beroperasi Sampai Akhir Tahun 2023, Desember Nambah Lagi! - News

Gerbang Tol Prabumulih, salah satu ruas Jalan Tol Trans SUmatera (JTTS) yang telah beroperasi hingga tahun 2023 ini (Dok: Hutama Karya)

- Mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus menunjukkan progres pembangunannya.

Memasuki akhir tahun 2023, sejumlah ruas dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera ini telah beroperasi dan digunakan masyarakat umum.

Sejak pertama kali dilakukan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera pada 2015 silam, beberapa ruas jalan tol telah tuntas tahap konstruksinya dan dibuka untuk para masyarakat.

Baca Juga: Wow! ExxonMobil Siap Bangun Kilang Minyak Terbesar Se-ASEAN Senilai Rp233 Triliun di Indonesia, Lokasinya di Sumatera?

Mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera sendiri direncanakan akan memiliki panjang total 2,800 km dan menghubungkan seluruh daerah di Pulau Sumatera melalui sebuah akses jalan tol.

1,800 km panjang dari Jalan Tol Trans Sumatera merupakan jalan utama atau backbone yang menyambungkan Provinsi Lampung hingga Nanggroe Aceh Darussalam.

Sementara 1,000 km lainnya merupakan jalan tol sirip atau feeder yang mengkoneksikan dengan sejumlah daerah.

Baca Juga: Jalan Tol Penghubung Riau dan Sumatera Utara Dikaji Ulang Pemerintah, Konstruksi Proyek Siap Berjalan di Tahun 2024? 

Setidaknya terdapat tiga jalan tol sirip dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera ini yang tersebar dalam tiga titik, diantaranya.

Jalan tol sirip penghubung antara Sumatera Selatan dan Bengkulu, Jalan tol sirip penghubung antara Riau dan Sumatera Barat, Jalan tol sirip Provinsi Sumatera Utara.

Proses konstruksi dari sejumlah proyek rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera ini masih berlangsung hingga saat ini.

Baca Juga: Sempat Keluar dari PSN! Jalan Tol Dumai-Rantau Prapat Kembali Masuk Radar Pemerintah, Sumatera Utara dan Riau Tambah Tol di 2024? 

Adapun berikut merupakan ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang telah selesai tahap konstruksinya dan telah beroperasi secara penuh, antara lain:

Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar sepanjang 140 km, Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 km, Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung sepanjang 18 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat