bdadinfo.com

Hah, JTTS Sudah Ada Sejak Tahun 1986? Ternyata Tol Pertama di Pulau Sumatera Ada di Provinsi ini: Masih Beroperasi Sampai Sekarang! - News

Ilustrasi jalan tol pertama yang ada di Pulau Sumatera, diketahui ruas jalan tol tersebut berlokasi di Provinsi Sumatera Utara (Dok: BPJT Kementerian PUPR)

- Pulau Sumatera saat ini masih terus disibukkan dengan pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di sejumlah daerah. 

Mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera menjadi salah satu pembangunan yang menjadi prioritas tiap daerah di Pulau Sumatera.

Hal tersebut dikarenakan, keberadaan Jalan Tol Trans Sumatera ini dapat melecut pertumbuhan berbagai sektor pada daerah tersebut.

Baca Juga: Sempat Dikeluarkan dari PSN, Begini Nasib JTTS Penghubung Sumatera Utara dan Aceh: Semua hanya Omong Kosong?

Terlebih, mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera ini juga diproyeksikan akan mengintegrasikan seluruh daerah di Pulau Sumatera dengan sebuah akses jalan tol.

Sehingga, sederet kemudahan baik bagi masyarakat maupun pemerintah daerah pun akan segera dinikmati apabila proyek-proyek tersebut tuntas dikerjakan.

Berbicara mengenai Jalan Tol Trans Sumatera, banyak yang belum mengetahui jika proyek pembangunan jalan tol ini sejatinya telah hadir di bumi Andalas sejak tahun 1986.

Baca Juga: Ada di Jambi! Titik Terakhir JTTS Sepanjang 34 Km ini Siap Dibangun Cuma Dalam Setahun: Rampung Tahun 2024

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera memang kembali menggelora pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Akan tetapi, Jalan Tol Trans Sumatera sudah lebih dulu hadir melalui salah satu ruas yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Satu ruas jalan tol di Sumatera Utara tersebut dibuka untuk masyarakat pada tahun 1986 dan menjadi jalan tol pertama di Pulau Sumatera.

Baca Juga: JTTS Sepanjang 1,030 Km Siap Dituntaskan di Tahun 2024, Jambi dan Riau Masuk yang Diprioritaskan: Apa Kabar Sumatera Barat?

Jalan tol tersebut adalah ruas Jalan Tol Belawan - Medan - Tanjung Morawa atau yang dikenal juga sebagai Jalan Tol Belmera.

Jalan Tol Belmera dibangun dengan panjang lintasan 34 km dan menjadi pembangunan infrastruktur pertama yang mengkoneksikan daerah-daerah khususnya di Sumatera Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat