bdadinfo.com

Wow! ExxonMobil Siap Bangun Kilang Minyak Terbesar Se-ASEAN Senilai Rp233 Triliun di Indonesia, Lokasinya di Sumatera? - News

Ilustrasi kilang minyak terbesar se-ASEAN milik ExxonMobil yang akan dibangun di Indonesia (Dok: Pertamina)

- Belum lama ini hadir sebuah kabar yang cukup menghebohkan masyarakat.

Kabar tersebut menyangkut salah satu perusahaan raksasa minyak dan gas asal Amerika Serikat, ExxonMobil.

ExxonMobil dikabarkan berencana membangun kilang minyak terbesar se-Asia Tenggara (ASEAN) di Indonesia.

Baca Juga: Sempat Keluar dari PSN! Jalan Tol Dumai-Rantau Prapat Kembali Masuk Radar Pemerintah, Sumatera Utara dan Riau Tambah Tol di 2024? 

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu) Retno Marsudi yang diketahui tengah mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Amerika Serikat.

Dalam pers release Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Presiden Jokowi di Amerika Serikat bertemu dengan Chairman Exxon Mobil Corporation, Darren Woods.

Pertemuan tersebut membahas serangkaian kerja sama antara Indonesia dan juga perusahaan ExxonMobil.

Baca Juga: Jalan Tol Penghubung Riau dan Sumatera Utara Dikaji Ulang Pemerintah, Konstruksi Proyek Siap Berjalan di Tahun 2024? 

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengapresiasi rencana dari ExxonMobil untuk membangun kilang petrokimia hijau di Indonesia.

Pembangunan kilang petrokimia hijau tersebut dikabarkan akan menjadi yang terbesar di ASEAN.

Pembangunan kilang petrokimia hijau tersebut diperkirakan memiliki nilai investasi 15 miliar dollar Amerika atau sekira Rp233 triliun dengan kurs Rp15 ribu.

Baca Juga: Asyik! Proyek Mulai Disinggung Pemerintah, Benarkah Pembangunan Jalan Tol Jambi-Rengat Dieksekusi di Tahun 2024?

Lantas, apakah kilang petrokimia hijau dari ExxonMobil tersebut akan dibangun di salah satu daerah di Pulau Sumatera?

Hal tersebut masih belum dapat dipastikan lebih lanjut. Pemerintah saat ini hanya memberikan informasi terkait rencana pembangunan kilang ExxonMobil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat