bdadinfo.com

Asyik! Proyek Mulai Disinggung Pemerintah, Benarkah Pembangunan Jalan Tol Jambi-Rengat Dieksekusi di Tahun 2024? - News

Ilustrasi peninjauan dan koordinasi pembangunan Jalan Tol Jambi-Rengat yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), dimungkinkan pembangunanya dimulai tahun 2024 (Dok: Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan)

- Mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dipastikan gagal menyambungkan seluruh Pulau Sumatera di tahun 2024.

Sebagaimana diketahui, sejumlah proyek dihentikan dan dikeluarkan dari Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh pemerintah pada Oktober 2023 mendatang.

Hal tersebut membuat proyek raksasa pemerintah ini meleset dari target awal, di mana dapat mengkoneksikan seluruh daerah di Sumatera melalui sebuah akses jalan tol yang terintegrasi.

Baca Juga: Siapa Bilang Mega Proyek JTTS Garapan Jokowi? Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Soeharto, Buktinya Ada di Sumatera Utara!

Berbicara mengenai pencoretan sejumlah proyek dari Proyek Strategis Nasional, terdapat satu proyek yang saat itu diumumkan secara terpisah oleh pemerintah.

Proyek tersebut tentunya masih dalam rangkaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2,800 km.

Disaat proyek dari Jalan Tol Trans Sumatera dihapus dari PSN, proyek satu ini ‘terselamatkan’ dari penghentian tersebut.

Baca Juga: Ada di Jambi! Titik Terakhir JTTS Sepanjang 34 Km ini Siap Dibangun Cuma Dalam Setahun: Rampung Tahun 2024

Hal tersebut dikarenakan proyek jalan tol satu ini mendapatkan dukungan pembiayaan pembangunan yang cukup besar senilai Rp23 triliun.

Adapun proyek yang dimaksud adalah Jalan Tol Jambi Rengat yang merupakan jalan penghubung dua provinsi, Riau dan Jambi.

Jalan Tol Jambi Rengat ini mendapatkan dukungan dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) sehingga status dari tol ini mengalami perubahan nomenklatur.

Baca Juga: JTTS Sepanjang 1,030 Km Siap Dituntaskan di Tahun 2024, Jambi dan Riau Masuk yang Diprioritaskan: Apa Kabar Sumatera Barat?

Hal tersebut membuat pemerintah memisahkan Jalan Tol Jambi Rengat dari proyek jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera lainnya.

Jalan Tol Jambi Rengat sendiri direncanakan akan dibangun dengan panjang lintasan 198 km jauhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat