bdadinfo.com

Indonesia Berkomitmen Besar untuk Melanjutkan Pembangunan IKN, Dapat Pendukung Finansial dari Mana? - News

Asal dukungan finansial dalam pembangunan IKN (Pexels)

- Di tengah sorotan global akan proyek monumental, Indonesia tengah membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai pusat pemerintahan modern yang memikat binat dunia.

Langkah besar ini didukung dengan komitmen finansial luar biasa dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang mengalokasikan dana sebesar Rp46 triliun pada tahun 2024 untuk pembangunan IKN.

Keputusan tersebut bukan sekedar penanda komitmen pemerintah dalam mewujudkan IKN, namun juga sebagai dorongan strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga: Kenali Makna dari Majas Hiperbola yang Jarang Diketahui Generasi Muda, Beserta Contohnya

Dalam konteks ini, belanja infrastruktur menjadi fokus utama dengan alokasi anggaran yang signifikan untuk sektor-sektor krusial, seperti teknologi informasi dan komunikasi, energi pangan, dan konektivitas.

Tak hanya dari sisi finansial, minat kuat dari investor asing memberikan semangat baru bagi proyek ini.

Kehadiran lima perusahaan teknologi Rusia yang menyatakan ketertarikan mereka dalam berinvestasi di IKN menjadi angin segar.

Baca Juga: Selalu Berkeinginan untuk Menjadi Pahlawan, Kenali Ciri-Ciri Hero Syndrome Berikut Ini

Mereka fokus pada pengembangan konsep smart city, khususnya dalam teknologi transportasi dan tata kota.

Kunjungan dari perwakilan Rusia tidak sekedar membuka pintu investasi, tetapi juga membicarakan konsep smart governance, transportasi canggih, gaya hidup modern, energi terbarukan industri serta infrastruktur dan lingkungan binaan.

Rencana kerja sama dengan Rusia seperti dalam transportasi listrik, solusi kemacetan, dan penerapan teknologi waste to energy menandai kolaborasi yang potensial dalam mengangkat IKN ke tingkat global yang lebih tinggi.

Baca Juga: Mengenal Hero Syndrome dan Dampaknya dalam Terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain

Dalam pencapaian proyek ini, Indonesia telah mencatat 323 surat minat investasi dari pelaku usaha, baik domestik maupun internasional, 45 persen diantaranya berasal dari investor asing.

Peran investor dalam proyek ini tak hanya sebatas finansial, tetapi juga melibatkan proyek-proyek kerja sama dengan pemerintah yang menjadi tonggak penting dalam pencapaian pembangunan IKN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat