bdadinfo.com

Riau Bangun Tol dari Tahun 2019 Proyeknya sudah Rampung Bulan Desember ini, Tol Sumatera Barat dari Tahun 2018 Nasibnya Malah Belum Jelas - News

Pembangunan salah satu seksi ruas Jalan Tol Padang-Pekanbaru, yaitu Jalan Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat yang sudah berlangsung sejak tahun 2018 (Instagram: PUPR_BPJT)

 

- Pembangunan infrastruktur di wilayah Provinsi Riau dan Sumatera Barat menjadi salah satu proyek yang mendapat sorotan.

Sebagai salah dua daerah penting di Pulau Sumatera, Riau dan Sumatera Barat tengah diupayakan pemerintah untuk saling terkoneksi melalui kehadiran proyek jalan tol.

Melalui mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), pemerintah tengah mendorong tersambungnya Riau dan Sumatera Barat melalui ruas Jalan Tol Padang Pekanbaru.

Baca Juga: Sudah dapat Dana Investasi Fantastis, Bakal Calon Jalan Tol Terpanjang di JTTS Siap Dibangun di Tahun 2024?

Jalan Tol Padang Pekanbaru sendiri merupakan proyek jalan tol sirip atau feeder dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Jalan Tol Padang Pekanbaru ini hadir sebagai salah satu proyek penting, bahkan menjadi proyek termahal dalam rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera.

Jalan Tol Padang Pekanbaru ini direncanakan akan memiliki panjang lintasan 254 km yang dibagi dalam 6 (enam) area pembangunan.

Baca Juga: Jambi Siap Jadi Daerah Termaju di Pulau Sumatera, Tol Terpanjang di JTTS Segera Dibangun: Eksekusi Tahun 2024?

Keenam pembangunan seksi jalan tol tersebut dibagi ke dalam dua area pembangunan, Riau dan Sumatera Barat.

Provinsi Riau mendapat 2 (dua) proyek dan Sumatera Barat 4( empat) proyek tersisa. Saat ini, pembangunan sama-sama tengah didorong oleh pihak terkaitnya.

Menariknya, situasi dan progres pembangunan dari ruas Jalan Tol Padang Pekanbaru cukup berbeda.

Baca Juga: Ngebut Sampe 80 Km/jam di Tol Baru Riau ini Bikin Perjalanan yang Dulu Sejam jadi cuma 18 Menit saja, Beroperasi Gratis Pastinya! 

Hingga akhir tahun 2023 ini, Provinsi Riau hampir menyelesaikan seluruh proyek bagian dari ruas Jalan Tol Padang Pekanbaru ini.

Terbaru adalah seksi Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar di Tanjung Alai yang akan dituntas pembangunannya di bulan Desember tahun 2023 ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat