bdadinfo.com

Gerbang Tol Tebing Tinggi Menyerap Kearifan Lokal dari Budaya Melayu di Sumatera Utara, Wusss! Menuju Danau Toba Bisa Secepat Kilat - News

 pembangunan Jalan tol Tebing Tinggi Sinaksak terintegrasinya Tol Trans Sumatera akan sangat mempermudah akses mobilitas masyarakat dan mempercepat pemerataan pasokan logistik ke seluruh penjuru Sumatera Utara.


 - Jalan tol Tebing Tinggi Sinaksak dibangun bukan semata-mata untuk kepentingan ke KSPN Danau Toba tetapi juga sebagai penggerak ekonomi di kawasan sekitar Danau Toba.

Nantinya, pembangunan Jalan tol Tebing Tinggi Sinaksak terintegrasinya Tol Trans Sumatera akan sangat mempermudah akses mobilitas masyarakat dan mempercepat pemerataan pasokan logistik ke seluruh penjuru Sumatera Utara.

Terkait pembangunan Jalan tol Tebing Tinggi Sinaksak ditanggapi oleh Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin mengatakan secara umum selain manfaat akses bagi mobilitas masyarakat, keberadaan tol ini adalah untuk meningkatkan investasi dan pertumbuhan perekonomian bagi kabupaten penyangga di sekitar Danau Toba.

Baca Juga: Bikin Iri Negara Tetangga! Deretan Jalan Tol Terpanjang dan Termahal di Indonesia, JTTS Enggak Cuma Satu 

“Nantinya waktu tempuh ke Danau Toba melalui tol ini hanya 1,5 jam. Kami akan memaksimalkan kinerja sehingga Ruas Tebing Tinggi hingga Pematang Siantar dapat segera beroperasi”, tambah Dindin.

Pada akhir tahun mendatang akan dioperasikan salah satu Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Gate to Gate dari Gate Toll Tebing Tinggi - Gate Toll Inderapura.

Progress konstruksi pada Seksi 1 (Tebing Tinggi – Inderapura) sudah 100% rampung dan sedang menunggu Uji Laik Fungsi (ULF) yang rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat.

Baca Juga: Sumatera Utara Bukan Lawan Sumbar! Sumut Tambah Tol Baru Tebing Tinggi Sinaksak Diam-diam Sudah Rampung, Tol Sumbar Malah Jalan Ditempat

Agar dapat segera dioperasikan, Seksi 2 (Inderapura – Kuala Tanjung) sudah mencapai 91,04%.

Kedua gerbang tol tersebut memiliki desain yang unik karena mengadopsi kekayaan arsitektur lokal.

Gerbang Tol Tebing Tinggi menyerap kearifan lokal dari budaya melayu yaitu Pucuk Rabung yang melambangkan keberuntungan dan harapan agar tol ini dapat berguna bagi pengendara.

Sedangkan ornamen pada gerbang tol Indrapura menyerap kearifan lokal dari bentukan motif pada songket khas Kabupaten Batubara dimana gerbang tol Indrapura terletak di Kabupaten Batubara.

Adapun Progress Seksi 3 (Tebing Tinggi – Serbelawan) Seksi 4 (Serbelawan – Pematang Siantar). Sedangkan Seksi Junction. Perusahaan akan memaksimalkan pekerjaan pada Seksi 3 dan 4 agar Sumatera Utara segera terhubung ke tanah Toba.

Kabar baiknya, Sumatera Utara kini telah banyak yang tuntas dan saat momen libur Natal dan Tahun Baru. Salah satunya Jalan Tol Tebing Tinggi Sinaksak menuju kawasan strategis pariwisata Nasional Danau Toba dibuka fungsional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat