bdadinfo.com

Ramai Khawatirkan Bencana Alam, HK Pastikan Tol di Sumatera Utara dan Riau Kuat Hadapi Gempa: Teknologinya Khusus! - News

Ilustrasi jalan tol yang rusak akibat terdampak gempa bumi. HK pastikan tol di Sumatera Utara dan Riau kuat hadapi gempa (Dok: The Wall Street Journal)

- Baru-baru ini jagat dunia maya dihebohkan dengan berita gempa hebat yang melanda Negara Jepang.

Gempa tersebut berlangsung pada tanggal 1 Januari 2024 melanda prefektur Ishikawa dengan kekuatan 7,4 SR.

Berbicara mengenai gempa, Indonesia juga menjadi salah satu daerah yang cukup rentan terkena bencana alam gempa bumi.

Baca Juga: Laris Manis! 5 Hari Dibuka Selama Libur Nataru, Tol Terbaru Sumatera Utara ini Sudah Dilintasi Lebih dari 29 Ribu Kendaraan

Hal tersebut dikarenakan lokasi dari Negara Indonesia yang berada di kawasan cincin api atau ring of fire dan pertemuan berbagai lempeng.

Bangunan publik, jalan penghubung, rumah hunian dan sejumlah infrastruktur lainnya pun rentan mengalami kerusakan akibat dampak yang ditimbulkan bencana alam seperti gempa.

Beberapa bangunan infrastruktur modern yang tengah didorong konstruksinya oleh pemerintah pun kini memperhatikan aspek keselamatan dan ketahan bangunan.

Baca Juga: Aneh Tapi Nyata! Riau Buka Tol Baru di Awal Tahun 2024 Tapi yang Ketiban Rezeki Malah Warga Sumatera Barat

Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur diketahui dibangun dengan konstruksi yang kuat terhadap bencana alam seperti halnya gempa bumi.

Salah satunya adalah pembangunan jalan tol dalam rangkaian Jalan Tol Trans Suamtera (JTTS) yang berada di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Riau.

Salah satu pengembang jalan tol di Pulau Sumatera, PT Hutama Karya mengungkapkan, jika  terdapat 2 (dua) proyek jalan tol yang ada di Sumatera Utara dna Riau dibangun dengan teknologi khusus.

Baca Juga: Terungkap! Ternyata Salah Satu Jalan Tol Baru Sumatera Utara yang Sudah Uji Laik Fungsi ini Sempat Berubah Trase Gegara Takut Ratakan Rumah Warga

Teknologi tersebut mampu membuat struktur bangunan jalan tol menjadi lebih kuat saat adanya gempa yang terjadi.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menjelaskan bahwa,  2 (dua) ruas jalan tol tersebut memiliki kualitas yang baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat