bdadinfo.com

Jadi Percontohan di Tingkat Nasional, Gubernur Sumbar Luncurkan Aplikasi TeGar dan Program Road to 2045 KORMI Sumatera Barat - News

Foto bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan pengurus KORMI Sumbar usai melaunching Aplikasi TeGar, Minggu (21/1). IST

 


PADANG, -- Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah melaunching (meluncurkan) secara resmi Program Road to 2045 KORMI (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia) Sumatera Barat dan aplikasi TeGar (Tes Kebugaran) pada Minggu (21/1) di Auditorium Gubernuran.

Aplikasi TeGar merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh KORMI Sumbar, dan menjadi percontohan bagi KORMI se Indonesia. Dengan satu program ini dapat diketahui indeks massa tubuh dan tingkat kebugarannya. Dengan begitu bisa ditentukan tindakan tindakan yang harus dilkukan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Program ini juga terhubung dengan beberapa instansi terkait seperti Dinkes dan Dispora.

Ketua Panitia Restu Wirawan menyebutkan, KORMI Sumbar membuat aplikasi ini untuk mendukung tingkat kebugaran tubuh masyarakat Indonesia menjadi lebih baik (di atas 70 persen).

Baca Juga: Menyambut Rampung Sebelum Ramadan 2024, Intip Profil Jalan Tol Padang-Pekanbaru Ruas Tol Padang-Sicincin

Acara yang dihadiri seluruh KORMI kabupaten kota di Sumbar ini, juga dihadiri Ketum KORMI Hayono Isman dan KORMI dari provinsi lain secara virtual.

Hardi Putra Project Manager/inisiator Aplikasi TeGar pada kesempatan itu mempresentasikan aplikasi TeGar pada semua hadirin.

Visi Indonesia Bugar tahun 2045 menurut Hardi, haruslah didukung penuh dengan melibatkan KORMI Provinsi, Dinkes, Dispora dan Dinkop

Aplikasi TeGar yang diinsiasi KORMI Sumbar sekarang sudah bisa didownload dari Playstore di android dan IOS, dan bisa dipakai tanpa ribet serta user friendly

Data yang diukur dari aplikasi TeGar ini nantinya akan terhubung ke Kementerian Kesehatan sehingga bisa tercermin tingkat kebugaran masyarakat Indonesia karna aplikasi ini bisa diakses dan digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Progres Positif: Tol Solo-Jogja Ruas Boyolali-Klaten Capai 8 persen, Target Fungsional hingga Ngawen Klaten pada Libur Lebaran

"Tindak lanjut hasil tes kebugaran ini bisa dilaksanakan dengan kerja sama dengan berbagai instansi terkait seperti Dinkes, Dispora dan Dinkop. Apa saja upaya yang bisa dilakukan untuk lebih bugar bisa didapatkan penggunanya melalui aplikasi ini," kata Hardi.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah pada kesempatan itu mengatakan, pada tahun 2022 angka gemar berolahraga di Sumbar 33,03 persen dan tingkat kebugaran hanya 26,23 melilitel/kg/menit atau sangat kurang sekali. Untuk itu dibutuhkan upaya upaya agar hal ini bisa ditingkatkan secara terukur demi terciptanya masyarakat yang bugar dan sehat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat