bdadinfo.com

Sumatera Terus Panen Jalan Tol Baru, 217 KM Tol Beroperasi di 2023: Berapa Ribu KM Total Jalan Tol yang Kini Ada di Indonesia? - News

Sumatera Terus Panen Jalan Tol Baru, 217 KM Tol Beroperasi di 2023: Berapa Ribu KM Total Jalan Tol yang Kini Ada di Indonesia? (bpjt.pu.go.id)

– Infrastruktur berupa jalan tol memang memiliki peran penting. Salah satunya dalam memberikan kelancaran peningkatan perekonomian bagi masyarakat.

Kehadirannya juga sekaligus menjadi akses yang menghubungkan antarwilayah yang tersebar di 5 (lima) pulau di Indonesia yakni Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Bali.

Di tahun 2023, sepanjang 217 km jalan tol telah beroperasi. Lalu hingga saat ini di awal tahun 2024, ada berapa ribu km kira-kira panjang jalan tol yang ada di Indonesia ya?

Baca Juga: Tak Mau Kalah dari Sumut dan Riau! Sumatera Selatan Bakal Sambut Jalan Tol Baru di Awal 2024, Progres Konstruksi Sudah 76 Persen

Dilansir dari laman bpjt.pu.go.id, diketahui bahwa pembangunan jalan tol di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1978.

Tercatat sejak tahun 1978 hingga bulan Januari 2024, jalan tol di Indonesia memiliki total panjang mencapai 2.816 km.

Total panjang tersebut terbagi ke 5 (lima) pulau besar yang memang sudah dibangunkan jalan tol oleh pemerintah.

Baca Juga: Kabar Baik dari Tol Kapal Betung, Ternyata Sudah Sampai Ini Progres Pembangunan Jalan dan Jembatan Tolnya

Dari kelima pulau tersebut, Pulau Jawa menduduki peringkat pertama sebagai pulau yang memiliki total panjang jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tercatat sepanjang 1.782,47 km jalan tol berhasil dibangun di Pulau Jawa dan saling terkoneksi sehingga mobilitas barang dan manusia semakin efisien.

Pulau Jawa juga menjadi pulau pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas infrastruktur berupa jalan tol dengan beroperasinya tol Jagorawi sejak tahun 1978.

Baca Juga: Sepadan dengan Biaya Pembangunannya yang Fantastis, Tol Bayung Lencir – Tempino Bisa Hubungkan 3 Provinsi Besar di Sumatera 

Kemudian di posisi kedua, diduduki oleh Pulau Sumatera yang saat ini masih terus disibukkan dengan pembangunan jalan tol Trans Sumatera (JTTS).

Total panjang tol yang berhasil dibangun pemerintah hingga saat ini mencapai 865,43 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat