bdadinfo.com

Waduh! Jalan Tol Padang-Sicincin Molor Lagi Rampungnya, Baru Tuntas Bulan Segini: Benarkah Idulfitri Tahun Ini Gagal Fungsional?  - News

Waduh! Jalan Tol Padang-Sicincin Molor Lagi Rampungnya, Baru Tuntas Bulan Segini: Benarkah Idulfitri Tahun Ini Gagal Fungsional?  (pu.go.id)

– Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono baru saja melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat (Sumbar) pada Kamis, 11 Januari 2024.

Sejalan dengan ambisi pemerintah di tahun 2024 ini bahwa Kementerian PUPR menargetkan sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) untuk bisa segera operasional.

Salah satunya adalah Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 Padang-Sicincin dengan panjang mencapai 36,6 km yang akan menjadi jalur konektivitas baru antara Sumatera Barat dengan Riau.

Baca Juga: Sumatera Selatan dan Jambi Makin Dekat, Berkat Jalan Tol Ini Masyarakat Makin Untung Banyak: Kapan Tuntas? 

Ruas tol tersebut dulunya diklaim bisa fungsional dan selesai sebelum momen Idul Fitri tahun ini sehingga dapat dilewati masyarakat untuk mudik.

Kendati demikian, menurut laporan terkini jalan tol tersebut baru akan tuntas dan fungsional lewat dari hari Raya Lebaran Idulfitri tahun ini.

Hal ini karena perkiraan Hari Raya Idulfitri tahun ini adalah pada tanggal 10/11 April, sementara itu menurut berita terkini ruas tersebut ditargetkan tuntas dan fungsional pada Juli 2024.

Baca Juga: Ruwetnya Pembangunan Mega Proyek Jalan Tol Payakumbuh – Pangkalan, 4 Tahun Tertunda Begini Kabarnya Sekarang 

Menteri PUPR menjelaskan bahwa saat ini kecepatan pembangunan jalan tol tersebut sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah.

Progres pembebasan lahan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 Padang-Sicincin saat ini memang sudah hampir rampung.

Menurut Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian, persentase konstruksinya sudah mencapai 47,22 persen dan pembebasan lahannya sudah 92,6 persen.

Baca Juga: Deretan Tol dengan Konstruksi Paling Ribet di Indonesia, Ada yang Tembus Bukit hingga di Bawah Laut: Tol Sumbar Kira-Kira Masuk Daftar Enggak Ya? 

Penyelesaian jalan tol tersebut nantinya akan mendukung jalur logistik dan pariwisata sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian di Provinsi Sumatera Barat dan Riau.

Untuk diketahui, Jalan Tol Pekanbaru-Padang, Seksi 1 Padang-Sicincin akan terbagi menjadi 2x2 lajur pada tahap awal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat