bdadinfo.com

Aduh-Aduh Sumatera Barat, Banyak Proyek Pembangunan Tapi juga Banyak yang Mangkrak: Jumlahnya sampai Ada 10! - News

Tampak Stadion Utama Sumatera Barat yang menjadi salah satu proyek dengan proses pembangunanterlama di Sumatera Barat (Instagram @stadionutamasumaterabarat)

- Pembangunan infrastruktur begitu penting sebagai salah satu faktor penunjang untuk kemajuan perekonomian di suatu daerah. 

Namun ada sejumlah proyek pembangunan infrastruktur tersebut yang butuh waktu pengerjaan yang lama bahkan mengalami mangkrak dalam prosesnya.

Salah satunya terjadi di Provinsi Sumatera Barat yang beberapa diantaranya disebabkan berbagai macam faktor seperti pembebasan lahan dan terbatasnya anggaran.

Baca Juga: 5 Deretan Jalan Tol Pertama di Masing-Masing Pulau di Indonesia, Ada yang dari Merdeka Baru Dapat Jalan Tol di Tahun 2019: Parah!

Berikut 10 proyek besar terlama yang ada di Sumatera Barat yang pernah atau hingga kini masih terkendala proses pembangunannya.

  1. Proyek Jalan Alahan Panjang - Pesisir Selatan

Proyek pembangunan jalan tembus penghubung Alahan Panjang Kabupaten Solok dengan Pasar Baru, Pesisir Selatan tak kunjung selesai hingga hari ini. 

Proyeknya sendiri direncanakan akan memiliki panjang mencapai 44 km. Proyek ini dikerjakan sejak tahun 2010 silam.

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Pertama di Jambi Ini Konstruksinya Sudah 52 Persen, Pembangunannya Siap Dituntaskan di Tahun 2024 Ini 

Namun sampai saat ini proyek pembangunan jalan Alahan Panjang - Pesisir Selatan masih dalam pekerjaan.

  1. Proyek Masjid Raya Sumatera Barat 

Masjid yang pernah terpilih sebagai masjid dengan desain terindah di dunia ini mulai dibangun sejak tahun 2007 hingga selesai pada tahun 2019.

Lamanya pengerjaan proyek pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat ini dikarenakan pengerjaannya yang bertahap dan keterbatasan anggaran provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga: Waduh! Jalan Tol Pertama di Jambi ini Pembangunannya Tidak Mencapai Target, Ternyata Ini Biang Kerok Konstruksi Tol Jadi Macet

Proyek ini membutuhkan anggaran mencapai Rp350 miliar.

  1. Proyek Jalan Nipah Teluk Bayur 

Proyek jalan ini menghubungkan Nipah dan Teluk Bayur, proyek Jalan Pariwisata Lingkar Barat Sumatera Barat ini dimulai sejak tahun 2010 namun baru selesai pada tahun 2020. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat