bdadinfo.com

Sumatera Barat Bangun Bandara Terbesar di Indonesia Senilai Rp487 Miliar, Apa Warga Tahu? - News

Bandara Rokot Mentawai, Sumatera Barat  (Eky Irdean )

- Mega proyek di era akhir pemerintahan presiden Jokowi sebagian sudah selesai, salah satunya pembangunan Bandara Baru Mentawai di Kepulauan Mentawai. 

Dulunya, sebelum dibangun Bandara Baru Mentawai telah terlebih dahulu membangun Bandara Rokot Sipora namun dinyatakan tidak dapat direvitalisasi kembali. 

Sehingga, diganti dengan Bandara Baru Mentawai yang baru saja rampung dan diresmikan oleh presiden Jokowi pada Kamis 25 Oktober 2023. 

Baca Juga: Tercengang! Dana Fantastis Dipakai Bangun Jembatan Melengkung Pertama Bakal Awet 100 Tahun di Indonesia, Lokasinya Disini...

Bandara Baru inilah dibangun karena ingin menggantikan bandara lama yakni Bandara Rokot Sipora yang sudah tidak memungkinkan dikembangkan lagi karena dibatasi laut lepas.

Menhub mengatakan bahwa Bandara Baru Rokot Mentawai baru saja diselesaikan dan sedang menunggu proses penerbitan sertifikat Bandara. 

“Kemungkinan bulan depan bapak Presiden akan datang ke sini," ujar Menhub sebagaimana dikutip dari portal.dephub.go.id.

Baca Juga: Gibran dan Selvi Menggunakan Hak Pilih di TPS 34 Kelurahan Manahan

Bandara Baru Mentawai yang memiliki panjang runway 1.500 x 30m sehingga bisa dilandasi pesawat yang lebih besar yakni ATR 72 - 600 berkapasitas maksimal 78 penumpang.

Namun, bandara lama hanya dapat dilandasi pesawat Cessna Grand Caravan yang berkapasitas 12 orang dengan panjang runway 850 x 23m.

Hadirnya bandara baru yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung, khususnya wisatawan untuk datang ke Mentawai.

Baca Juga: Prabowo Nyoblos ke TPS: Pilih Sesuai Nurani, Jaga TPS, Tertib, Damai, Sejuk

Dengan hadirnya bandara baru tersebut dapat menjadikan kapasitas pesawat yang meningkat dari 12 menjadi 78 orang per sekali penerbangan. 

Pembangunan bandara di Kepulauan Mentawai ini juga dilakukan dalam rangka mitigasi bencana alam yang sering terjadi di wilayah tersebut. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat