bdadinfo.com

5 Deretan Jalan Tol Pertama di Masing-Masing Pulau di Indonesia, Ada yang dari Merdeka Baru Dapat Jalan Tol di Tahun 2019: Parah! - News

Jalan Tol Bali-Mandara di Pulau Bali, jalan tol ini merupakan tol pertama yang hadir di Pulau Dewata Bali. (Instagram: pupr_bpjt)

- Indonesia saat ini tengah dalam fokus pembangunan infrastruktur masif ya proyeknya banyak dilangsungkan di sejumlah daerah.

Salah satunya adalah pembangunan jalan tol yang kurang lebih selama 10 tahun belakangan ini begitu dikedepankan pembangunannya.

Berikut ini merupakan kumpulan jalan tol pertama yang hadir di pulau-pulau besar yang ada di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali.

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Pertama di Jambi Ini Konstruksinya Sudah 52 Persen, Pembangunannya Siap Dituntaskan di Tahun 2024 Ini 

Salah satu pulau bahkan baru mendapat jalan tol di tahun 2019 terhitung sejak Indonesia merdeka di tahun 1945.

????. ???????????????????? ????????????????

Ada Jalan Tol Jakarta - Bogor - Ciawi atau yang dikenal Jalan Tol Jagorawi sepanjang 59 Km sudah beroperasi sejak tahun 1978 dan sampai saat ini, merupakan jalan tol pertama di Indonesia, jalan tol tertua, dan yang pertama di Pulau Jawa.

????. ???????????????????? ????????????????????????????????

Jalan Tol Belawan - Medan - Tanjung Morawa (Belmera) sepanjang 34 Km beroperasi sejak tahun 1986 dan menjadi ruas tol pertama yang dibangun di Pulau Sumatera.

Baca Juga: Waduh! Jalan Tol Pertama di Jambi ini Pembangunannya Tidak Mencapai Target, Ternyata Ini Biang Kerok Konstruksi Tol Jadi Macet

Jalan Tol Belmera ini menjadi akses penghubung konektivitas kendaraan mulai dari Pelabuhan Belawan ke Medan dan Tanjung Morawa di Sumatera Utara.

????. ???????????????????? ????????????????

Jalan Tol Bali - Mandara sepanjang 12,7 Km merupakan Jalan Tol pertama di Pulau Bali yang sudah beroperasi sejak tahun 2013.

Jalan Tol Bali - Mandara ini menjadi jalan tol atas laut pertama di Indonesia dan salah satu jalan tol atas air terpanjang di dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat