bdadinfo.com

Peningkatan Signifikan Pertumbuhan Ekonomi di Pulau Kalimantan, Terutama di Kalimantan Timur, Didorong oleh Pembangunan Ibu Kota Nusantara - News

Menurut laporan BPS, pembangunan IKN mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur

- Berdasarkan laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi di Pulau Kalimantan, khususnya di Kalimantan Timur, mengalami peningkatan signifikan. 

Salah satu faktor yang mendukung peningkatan ini adalah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang menunjukkan kegiatan konstruksi yang berkembang pesat. 

IKN dianggap sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Era Jokowi Sudah di Ujung Tanduk! Nasib Mega Proyek Jalan Padang Terkatung-katung, Bikin Rakyat Sumbar Geram Karena Dianaktirikan di Negeri Sendiri

Tidak hanya memberikan dorongan melalui kegiatan konstruksi, tetapi juga melalui pembentukan modal tetap bruto (PMTB) yang juga mengalami pertumbuhan tinggi.

Menurut Amalia Adininggar Widyasanti, PLT Kepala BPS, pertumbuhan ekonomi di Kalimantan dan Kalimantan Timur didorong oleh pembangunan IKN.

Tidak hanya itu, salah satu faktor pendorongan juga merupakan pembentukan modal tetap bruto PMTB yang disebut tumbuh tinggi imbas pembangunan berbagai infrastruktur di IKN. 

Baca Juga: Nama-nama Caleg Meraih Suara Terbanyak yang Bakal Duduk di Kursi di DPRD Padang Dapil 6

“IKN salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi Kalimantan sama Kalimantan Timur karena ada aktivitas konstruksi yang tumbuh 15,82%.” kata Amalia.

Seperti yang dikutip dari YouTube Pers Lokal, hal ini dinyatakan Amalia dalam sebuah konferensi pers di Jakarta.

Karena kedua faktor tersebut, Kalimantan Timur mampu memberikan kontribusi tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi di Pulau Kalimantan, mencapai 3,24%.

Baca Juga: Sinkronisasi Renja, Diskominfo Pesisir Selatan Gelar FPD

Meskipun pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur menonjol, provinsi-provinsi lain di Pulau Kalimantan hanya memberikan kontribusi dibawah 1%.

Provinsi-provinsi itu termasuk Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Seiring dengan itu, sektor-sektor utama yang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi di Pulau Kalimantan adalah pertambangan dan penggalian, konstruksi, dan industri pengolahan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat