bdadinfo.com

Seandainya Dulu Orang Sumbar Tak Menolak! Mungkin Sejak Lama Orang Minang Tancap Gas di Jalan Tol Padang Pekanbaru Secepat Kilat Sampai Tujuannya - News

Jalan Tol Padang Sicincin yang merupakan bagian dari Jalan tol Padang Pekanbaru ini bertujuan untuk Mengurangi Waktu Tempuh antara dua Kota yang biasanya 1,5 jam akan menjadi kurang lebih 30 menit saja.

- Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS ruas sirip saat ini tengah digesa pembangunannya, salah satunya adalah Jalan Tol Padang Pekanbaru yang akan menghubungkan provinsi Sumatra Barat dengan Riau. Jalan Tol Padang Pekanbaru memiliki total panjang 254 km.

Adapun rinciannya adalah Seksi 1 Padang-Sicincin, Seksi 2 Sicincin-Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan-Bangkinang dan Seksi 6 Bangkinang-Pekanbaru.

Untuk saat ini, baru seksi 6 Bangkinang-Pekanbaru yang sudah tuntas dan telah diresmikan oleh presiden Jokowi pada 4 Januari 2023.

Baca Juga: Telkomsel Dukung Universitas Riau, Akselerasikan Pengembangan Ekosistem Digital dan Talenta Unggulan

pembangunan jalan tol di akhir masa pemerintahan Presiden Jokowi tampaknya akan semakin dikebut salah satunya adalah jalan tol yang menghubungkan Provinsi dengan Sumatera Barat.

Kementerian PUPR bersama PT Hutama Karya selaku BUJT terus melanjutkan pembangunan jalan tol Pekanbaru Padang seksi bang kinang pangkalan sepanjang 101 KM khususnya pada ruas Bangkinang Pangkalan sepanjang 61 KM.

Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono mengatakan saat ini tengah diselesaikan jalan tol Bangkinang pangkalan tahap 1 dengan progres konstruksi 94,42% ditargetkan April 2024 ruas Bangkinang Koto Kampar bisa tuntas.

Dan beroperasi penuh dengan tersambungnya ruas tol ini nantinya akan mengintegrasikan antara kota Pekanbaru Kota bangkin dan Kecamatan 13 kotokampar di mana terdapat potensi pengembangan kawasan wisata industri dan perkebunan. 

Baca Juga: Inilah Profil Pembangunan Jalan Tol Trase Payakumbuh - Pangkalan yang Digadang Rampung 2024: Gak Sabar Sumbar dan Riau Menyatu

Dia mengatakan ruas jalan tol ini merupakan bagian dari koridor pendukung alias sirip dari jalan tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Adapun konstruksi jalan tol Bangkinang Pangkalan tahap I sepanjang 24,7 KM dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya PT Hutama Karya dengan biaya investasi senilai Rp4,83 triliun.

Jalan tol Bangkinang Ppangkalan nantinya akan tersambung dengan jalan tol Pekanbaru Dumai yang merupakan ruas utama JTTS.

Sumatera tidak hanya tersambung dengan jalan tol Pekanbaru Dumai jalan tol ini juga nantinya akan tersambung dengan jalan tol Padang Sicincin yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

Jalan tol Padang Sicincin memiliki panjang 36,6 KM kini terus dikebut pengerjaannya Adapun progres pembebasan lahan sudah mencapai 92,6%. sementara progres konstruksinya mencapai 47,22%.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat