bdadinfo.com

Bendungan Terbesar di Indonesia, Penuhi Kebutuhan Air Baku Kawasan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat Tapi Kabupaten Ini... - News

Bendungan Pengga, NTB (Freepik)

- Mega proyek di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masih dalam tahap pengerjaan untuk pembangunan Bendungan Kawasan Sirkuit. 

Pembangunan Bendungan terbesar air baku Kawasan Sirkuit Mandalika tersebut dinamakan "Bendungan Pengga" di Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak Senin 16 Agustus 2021.

Baca Juga: Tol Yogyakarta-Bawen Jadi Tol Pertama yang dibangun di Yogyakarta, Investasinya Capai Rp14,26 Triliun

Menurut paparan dari Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah II BPIW, Kuswardono terkait dukungan Kementerian PUPR dalam pengembangan DPSP Mandalika.

Keterangan resmi dari Kuswardono Program Pembangunan Keseluruhan Pulau Lombok terkait program infrastruktur dasar seperti drainase, air bersih dan persampahan. 

Dengan kesempatan tersebut, Kuswardono menyatakan bahwa dukungan program yang sudah dilaksanakan oleh Kementerian PUPR pada tahun 2020.

Baca Juga: Semen Padang FC Bertekad Meraih Kemenangan Demi Promosi ke Liga 1 Musim Depan Pada Laga Semifnal Leg Kedua Liga 2023/2024

Pada tahun 2020 dalam mendukung pengembangan DPSP Mandalika dari sektor Sumber Daya Air (SDA), Kementerian PUPR.

SDA Kementerian PUPR diantaranya telah melaksanakan Pembangunan Saluran Pengendali Banjir Kawasan Ekonomi (KEK) Mandalika. 

Sementara di sektor konektivitas, Pembangunan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok Mandalika yang diharapkan dapat berperan besar mendukung pengembangan DPSP Mandalika.

Baca Juga: Inilah Alasan Penting Jokowi Lantik Prabowo Jadi Jenderal Tanda Kehormatan, Media Luar Miliki Reaksi Penting

Berbeda di sektor konektivitas, pembangunan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) – Mandalika masih tetap dilanjutkan.

Oleh karena itu, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air tengah mengoptimalkan kegunaan Bendungan Pengga yang dibangun sejak tahun 1991-an. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat