bdadinfo.com

Pecah Rekor Dunia! Proyek Tol Jadi Masa Depan Indonesia Menembus Perut Gunung dan di Bawah Laut Terkoneksi ke Ibu Kota Nusantara - News

 proyek terowongan tol bawah laut itu baru bisa segera dibangun pada tahun 2024. Terowongan tol bawah laut tersebut nantinya bisa dilalui oleh kendaraan. Untuk menyambung wilayah IKN di Penajam Paser, Kalimantan Timur akan dibangun tol terowongan bawah laut. Yang tersambung dari tol Balikpapan - Sam

- Memang harus diakui suka atau tidak suka di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo masih terus membangun infrastruktur tol megah. Mulai dari jalan tol terpanjang, tembus gunung, hingga masuk ke dalam lautan.

Dan nukan tanpa alasan, pembangunan tol megah ini perlu dilakukan karena kondisi geografis Indonesia yang cukup menantang.

Dimana banyak letak kepulauan hingga pegunungan atau bukit yang harus ditembus untuk menjangkau satu wilayah.

Baca Juga: UEFA Umumkan Format Baru Liga Champions Eropa Mulai Musim Depan, Pesertanya Lebih Banyak!

Berdasarkan catatan ada beberapa proyek yang akan dibangun itu mulai dari tol Yogya - Bawen, Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu), tol Padang - Pekanbaru dan Palembang Bengkulu, Gedebage - Tasikmalaya- Cilacap, Padang - Pekanbaru hingga akses tol ke Ibu Kota Nusantara.

Diketahui ada dua calon tol terpanjang yang tengah dibangun dengan panjang melebihi 200 kilometer, mengalahkan rekor saat ini Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung di Sumatera mencapai 189,4 kilometer.

Yakni Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (206,6 km), dan Padang - Pekanbaru (254,8 km).

Jalan Tol Getaci

Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap atau Jalan Tol Getaci adalah jalan tol di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah yang memiliki rute dari Gedebage (Kota Bandung), melalui Kabupaten Bandung, Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, berakhir di Cilacap.

Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa bagian selatan, menghubungkan Bandung dengan Surabaya.

Baca Juga: Liga Champions Eropa Dirombak Total Pada Musim Depan, UEFA Jelaskan Tentang Manfaat yang Diperoleh

Nilai investasi pembangunannya mencapai Rp 56,2 triliun dengan panjang 206,65 km yang melintasi wilayah Provinsi Jawa Barat (169,09 km) dan wilayah Provinsi Jawa Tengah (37,56 km).

Ketika dioperasikan ruas jalan tol ini menjadi ruas jalan tol terpanjang pertama di Indonesia sebelum Jalan Tol Padang–Pekanbaru (254,8 km) mulai beroperasi penuh.

Serta berperan penting dalam memecahkan masalah kemacetan lalu lintas dari Gedebage (Kota Bandung) hingga Cilacap, karena ditargetkan mampu menampung 10.800 kendaraan perhari

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat