bdadinfo.com

Sidang Isbat Dimulai Hari Ini, Simak Pentingnya Pelaksanaan Sidang Isbat untuk Menentukan Awal Puasa - News

Pentingnya sidang isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan (Pexels)

- Sidang isbat dilaksanakan setiap tahunnya di Indonesia untuk menentukan awal bulan puasa, 1 Syawal, dan 1 Zulhijah.

Melansir laman Kemenag, sidang Isbat pertama penentuan awal Ramadan 1445 Hijriah dimulai sore hari ini, Minggu 10 Maret 2024, tepatnya pukul 17.00 sampai selesai.

Sidang isbat akan digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta Pusat dan akan disiarkan secara langsung melalui online streaming.

Baca Juga: Bantuan Kemanusiaan, Semen Padang Kirim Bahan Makanan untuk Dapur Umum di Pesisir Selatan

Kemudian, berdasarkan tahapannya diperkirakan pengumuman hasil sidang Isbat akan dilakukan pukul 19.05 usai salat Maghrib.

Masyarakat yang ingin menonton tahapan umum sidang Isbat dapat mengunjungi live streaming di Channel Youtube Bimas Islam pukul 17.00.

Kemudian untuk pengumuman hasil sidang isbat, Kemenag akan melakukan konferensi pers kepada media yang juga disiarkan melalui media sosial resmi Kemenag, pukul 19.05.

Baca Juga: Hadiah Terindah dari Kalimantan Selatan, Proyek Stadion Termegah di Indonesia Berstandar FIFA, Siap Dimulai Konstruksi 2024?

Pentingnya Pelaksanaan Sidang Isbat untuk Menentukan Awal Puasa

Pelaksanaan sidang Isbat yang dilakukan untuk menentukan awal Puasa, 1 Syawal, dan 1 Zulhijah, sangat penting terutama untuk menjadi forum pengambilan keputusan bersama.

Menurut Kemenag, meskipun Indonesia bukanlah negara agama, namun juga bukan negara yang sekuler.

Baca Juga: Demi Pelayanan Prima, PLN Solok Tekankan Pegawai Hingga Mitra Kerja Kelistrikan Paham dan Peduli K3

Untuk itu pemerintah tidak bisa menyerahkan sepenuhnya urusan keagamaan kepada individu per individu.

Dalam hal ini negara harus ikut bertanggung jawab memberikan acuan, pedoman dan panduan mengenai kapan mengawali puasa di bulan Ramadan dan kapan mengakhirinya yaitu menentukan 1 Syawal, serta 1 Dzulhijjah terkait dengan haji.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat