bdadinfo.com

Sumatera Selatan Semakin Bergelora! Jambi Palembang Hanya Sejengkal, Jalan Tol Baru Ini Terkoneksi Full di Akhir Tahun 2024 - News

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol baru, salah satunya Jalan Tol Kapalbetung atau Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung di Sumatera Selatan. Adapun proyek jalan tol ini ditargetkan rampu

- Pembangunan proyek jalan tol Kayu Agung–Palembang–Betung atau Jalan Tol Kapalbetung adalah megaproyek infrastruktur jalan tol sepanjang 111,6 kilometer dari Kayu Agung hingga Betung.

Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera dan pembangunannya diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 7-8 triliun.

Pembangunan Jalan Tol Kapalbetung dilaksanakan PT Waskita Sriwijaya Tol, kerja sama antara Markmore Labuan Limited dari Malaysia dengan PD Prodexim bersama Waskita Karya.

Baca Juga: Kabar Baik! TPP dan THR ASN Pemko Padang Cair 25 Maret 2024

Jalan tol ruas Kayu Agung - Jakabaring dengan panjang 33,5 km beroperasi pada tanggal 1 April 2020.

Kemudian ruas Jakabaring - Kramasan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 26 Januari 2021.

Tol ini terbagi menjadi 3 tahap pengerjaan:

Seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring 33,5 km
Seksi 2 Jakabaring-Musilandas Progres Selesai Ton Januari 2022 33,9 km
Seksi 3 Musilandas-Betung 44,29 km

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol baru, salah satunya Jalan Tol Kapalbetung atau Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung di Sumatera Selatan. Adapun proyek jalan tol ini ditargetkan rampung akhir tahun 2024.

Baca Juga: Berperan Tingkatkan Kinerja Perumda Air Minum Kota Padang, Wako Hendri Septa Raih Top Pembina BUMD 2024

Jalan Tol Kapalbetung merupakan proyek garapan PT Waskita Karya (persero) Tbk (WSKT) melalui anak usahanya PT Waskita Sriwijaya Tol. Namun, proyek tersebut dialihkan ke PT Hutama Karya (Persero) karena kinerja keuangan WSKT memburuk.

Jalan tol yang melintasi Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Banyuasin, serta Kota Palembang ini terdiri dari tiga seksi, dengan panjang panjang 111,6 km.

Di mana untuk seksi 1 Kayu Agung - Jakabaring sepanjang 33,5 km dan seksi 2A Jakabaring - Keramasan sepanjang 9 km, saat ini telah beroperasi.

Sementara progres pembangunan seksi 2B Keramasan-Musi Landas sepanjang 24,9 km, dan seksi 3 Musi Landas-Betung sepanjang 44,29 km, saat ini telah mencapai masing-masing 77,9% dan 53,8%. Konstruksi kedua seksi ini ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat