bdadinfo.com

Inovasi Teknologi Modular Volumetrik Mobile Box Mendukung Pembangunan Infrastruktur di IKN - News

Kementerian PUPR mendorong penggunaan teknologi modular volumetrik mobile box dari PT Adhi Karya Persero Tbk dalam proyek IKN untuk mempercepat pembangunan berbagai infrastruktur hunian di ibukota Nusantara.

- Teknologi canggih yang terkandung dalam proyek IKN, didorong oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menggunakan inovasi teknologi modular volumetrik mobile box dari PT Adhi Karya Persero Tbk. 

Ini digunakan dalam pembangunan berbagai infrastruktur hunian di ibukota Nusantara.

Pemanfaatan teknologi mobox yang modular ini cocok untuk berbagai jenis bangunan dan memanfaatkan sistem knockdown, yang mengoptimalkan efisiensi konstruksi di lapangan.

Baca Juga: Persyaratan Persetujuan Otorita Kenapa Nusantara untuk Penjualan Tanah di IKN

Upaya terus dilakukan untuk mengaplikasikan berbagai inovasi teknologi guna mempercepat pembangunan hunian di IKN. 

Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan teknologi modular volumetrik mobile box (mobox) dari PT Adhi Karya Persero Tbk, yang menjadi inovasi penting dalam pembangunan hunian. 

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, menjelaskan hal ini pada kegiatan alumni mengajar yang diadakan dalam seminar Ika Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

"Kami terus berupaya menggunakan berbagai inovasi teknologi guna mempercepat pembangunan hunian di IKN. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi modular volumetrik Mobile Box (Mobox) yang merupakan salah satu inovasi PT Adhi Karya untuk pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK)," ujarnya.

Baca Juga: Rekomendasi Tas Wanita dari Mardi Mercredi yang Tersedia di Blibli

Teknologi mobox diharapkan dapat membantu pemerintah dalam membangun berbagai infrastruktur seperti bangunan hunian temporary facilities, camp pekerja, dengan desain yang dinamis, adaptif, efisien, dan ramah lingkungan. 

Seperti yang dikutip dari YouTube Pers Lokal, keunggulan mobox juga terletak pada kemampuannya sebagai bangunan tahan gempa dan mudah dalam proses pengiriman serta pemasangan, tanpa memerlukan alat berat.

Pemanfaatan mobox dalam pembangunan HPK dengan luasan 25.116 m² dan pembangunan masjid dalam waktu 3 bulan menunjukkan efisiensi dan kepraktisan teknologi ini. 

Pengembangan mobox oleh PT Adhi Persada Gedung, yang merupakan bagian dari PT Adikarya, melahirkan tiga tipe mobox yang berbeda ukuran, yaitu 6x6, 3x6, dan 3x3.

Baca Juga: Semarak Ramadan, BI Sumbar Gelar Penukaran Uang Baru dan Bazar di Bank Nagari Bukittinggi

Sistem desain dan konstruksi mobox menggunakan unit modular yang dipabrikasi di luar lokasi proyek, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat