bdadinfo.com

Sumbar Memang Aneh Tapi Nyata! Punya Jalan Paling Ekstrem dan Angker di Indonesia Malah Diserbu Wisatawan dari Penjuru Nagari - News

Di Sumatera Barat, selain Jalan Sitinjau Lauik, terdapat satu lagi jalan yang dianggap ekstrem yaitu Kelok 44 atau Kelok Ampek Puluh Ampek yang terletak di Kabupaten Agam.

- Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: Safari Ramadan di Masjid Al Wustha, Wako Padang Hendri Septa Evaluasi Program Wajib Hafal Satu Juz Alquran

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada akhir tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.750.326 jiwa, dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Baca Juga: Gelar Rakercab, Sekdako Padang Andree Algamar Tekankan Pramuka Harus Proporsional dan Profesional!

Di Sumatera Barat, selain Jalan Sitinjau Lauik, terdapat satu lagi jalan yang dianggap ekstrem yaitu Kelok 44 atau Kelok Ampek Puluh Ampek yang terletak di Kabupaten Agam dan kelok 9 yang terkenal angker.

1. Jalan Sitinjau Lauik

Sumbar Memang Aneh Tapi Nyata! Punya Jalan Paling Ekstrem dan Angker di Indonesia Malah Diserbu Wisatawan dari Penjuru Nagari
Sumbar Memang Aneh Tapi Nyata! Punya Jalan Paling Ekstrem dan Angker di Indonesia Malah Diserbu Wisatawan dari Penjuru Nagari

Sitinjau Lauik merupakan Jalanan Ekstrim yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Solok yang berjarak sekitar 6 Km, Sedangkan panjang keseluruhan jalan Nasional yang menghubungkan Padang dengan Solok ini berjarak 53 Km.

Jalan ini Merupakan jalan nasional sekaligus jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan ke Dhamasraya, Jambi hingga ke Pulau Jawa yang ramai dilewati oleh orang maupun barang dan truk-truk besar yang mengangkut logistik mengarah ke Kota Padang atau sebaliknya.

Baca Juga: Wako Padang Hendri Septa Minta OPD Awasi THR Karyawan Swasta, Paling Lambat 7 Hari Sebelum Lebaran

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat