bdadinfo.com

Sumatera Barat Ganti Ibukota Baru Daerah Seluas 695 km² dengan 19 Buah Pulau Kecil Ternyata Alami Nasib yang Serupa dengan IKN, Kapan Diresmikan Ya? - News

Pada 29 Mei 1958 ibu kota Sumatera Barat dipindah dari Bukittinggi ke kota seluas 694,337 km2, yakni Padang. Sampai saat ini ibu kota provinsi tersebut tidak pernah berubah lagi. Kota ini menjadi pusat perdagangan wilayah yang ada di pesisir barat.

 -  Kota Padang terletak di pantai barat pulau Sumatra, dengan luas keseluruhan 1.414,96 km² atau setara dengan 3,36 persen dari luas provinsi Sumatera Barat.

Lebih dari 60 persen dari luas Kota Padang berupa perbukitan yang ditutupi oleh hutan lindung.

Hanya sekitar 205,007 km² wilayah yang merupakan daerah efektif perkotaan. Daerah perbukitan membentang di bagian timur dan selatan kota.

Baca Juga: Tropicana Slim Terus Ajak Masyarakat Hidup Sehat Lawan Diabetes, Lakukan Edukasi dan Cek Gula Gratis

Bukit-bukit yang terkenal di Kota Padang di antaranya adalah Bukit Lampu, Gunung Padang, Bukit Gado-Gado, dan Bukit Pegambiran.

Kota Padang memiliki garis pantai sepanjang 68,126 km di daratan Sumatra. Selain itu, terdapat pula 19 buah pulau kecil yang terdapat di kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang Selatan, dan Koto Tangah.

Sumatera Barat atau Sumbar adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Baca Juga: Kabupaten Agam Gelar Forum OPD untuk Penyusunan Renja 2025

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Sumatera Barat dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Baca Juga: Tingkatkan Pengelolaan Pemerintahan, Pemkab Agam Bimtek Sistem Pengendalian Intern

Pada akhir 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.750.326 jiwa, dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat