bdadinfo.com

Aceh jadi Pusat Jalur Rempah Nusantara yang Megah! Sejarah Panjang, Potensi Masa Depan, dan Langkah Strategis Menuju Kesejahteraan - News

Aceh jadi Pusat Jalur Rempah Nusantara yang Megah (ErlanggaPedia)

- Aceh, tempat lahirnya sejarah perdagangan rempah, menjadi pusat penting jalur rempah Nusantara.

Dalam seminar internasional, Sekda Aceh Bustami Hamzah menggarisbawahi peran monumental Aceh dalam sejarah perdagangan rempah.

Baca Juga: Resep Kue Lapis Surabaya Lembut dan Lezat, Bahan Sederhana Mudah Dibuat Pemula! Cocok untuk Camilan Lebaran

Rempah telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari di Aceh dan Indonesia pada umumnya, memberikan kontribusi besar dalam bidang kuliner, obat-obatan, wewangian, dan berbagai kegunaan lainnya.

Sejak berabad-abad lalu, rempah telah memperkaya kehidupan manusia di Nusantara dan dunia.

Keberadaannya tidak hanya mempengaruhi budaya dan kehidupan sosial, tetapi juga berperan dalam diplomasi dan konflik politik antar bangsa.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2023-2024 Pekan 32: Sajikan Duel Terpanas di Britania Raya Antara Manchester United vs Liverpool

Aceh, dengan sejarah panjangnya sebagai penghasil utama rempah, telah memberikan dampak besar terhadap peradaban dan kontak budaya antar bangsa di dunia.

Sebagai sentral perdagangan rempah, Aceh memiliki sejarah yang kaya dan panjang. Pada abad ke-17 hingga ke-18, Aceh menjadi daerah penghasil lada terbesar di dunia.

Bahkan hingga saat ini, Aceh masih menghasilkan minyak atsiri dari beberapa jenis rempah, seperti pala, cengkeh, serai wangi, dan nilam.

Baca Juga: Latihan 5.3 Setengah Bola Tertutup, Timbangan dan Kelereng, Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 304 305

Keberadaan dua dari 20 titik jalur rempah Nusantara di Aceh, yaitu Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Aceh Darussalam, menjadikan Aceh sebagai pusat perdagangan rempah yang strategis.

Dalam seminar tersebut, tema "Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia" diusung sebagai momentum untuk menggali kembali potensi rempah Aceh.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Bus Murah Mudik Lebaran 1445 H 2024 Terbaru Bus NPM Semua Rute

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat