bdadinfo.com

Tadinya Harus Lewat Jalan Berkelok-kelok dan Tembus Perbukitan, Kini Mudik Lebaran Lewat Tol Aceh Ini Dijamin Gaspol: Irit Waktu hingga 2 Jam  - News

Tadinya Harus Lewat Jalan Berkelok-kelok dan Tembus Perbukitan, Kini Mudik Lebaran Lewat Tol Aceh Ini Dijamin Gaspol: Irit Waktu hingga 2 Jam  (bpjt.pu.go.id)

– Menjelang momen mudik lebaran 2024, ada kabar gembira untuk warga Aceh dan masyarakat yang hendak pulang kampung menuju provinsi yang berada di ujung Pulau Sumatera itu.

Seperti yang diketahui, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) direncanakan membentang dari Lampung hingga Aceh.

Salah satu jalan tol yang menjadi kebanggaan warga Aceh adalah tol Sigli – Banda Aceh yang memiliki panjang mencapai 74,2 km.

Baca Juga: Pembangunan Tol Getaci Lagi-Lagi Molor! Tender Ulang Diundur hingga April 2024, Risiko Jadi Proyek Mangkrak Terpanjang di Indonesia?

Sebagai informasi, jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) merupakan salah satu ruas utama (backbone) JTTS.

Pembangunannya merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendorong perkembangan perekonomian di Provinsi Aceh.

Kehadiran jalan tol tersebut sudah pasti akan membantu mobilitas, khususnya saat momen mudik lebaran nanti.

Baca Juga: Tol Tebing Tinggi – Indrapura Resmi Bertarif 4 April 2024: Harapan Warga Sumut Mudik Lebaran Gratis dan Cepat Lewat Tol Pupus, Segini Besaran Tarifnya

Tol Sigli – Banda Aceh ini dibangun dan terbagi ke dalam 6 (enam) seksi dan menghabiskan biaya dari APBN sebesar Rp13,55 triliun.

Manfaat dari kehadiran jalan tol ini adalah mampu mempersingkat waktu tempuh antara Sigli dengan Banda Aceh dari yang semula 3 (tiga) jam menjadi 1 (satu) jam saja.

Tadinya, masyarakat sekitar harus melintasi jalanan dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan jika ingin berpergian dari Sigli menuju Banda Aceh atau sebaliknya.

Baca Juga: Tol Tebing Tinggi – Sinaksak Fungsional Secara Gratis Saat Mudik Lebaran 2024, Pemudik Wajib Lakukan Hal Ini Agar Tidak Dikenai Biaya 

Waktu tempuh yang semakin singkat berkat jalan tol tersebut, menjadikan penggunaan bahan bakar minyak untuk kendaraan menjadi semakin irit.

Dengan demikian, jalan tol Sigli – Banda Aceh juga memberi dampak positif untuk hal lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat