bdadinfo.com

Wow! Jalan Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo Bisa Pangkas Waktu Tempuh Perjalanan: Terkoneksi dengan 3 Bandara Lainnya Sekaligus  - News

Jalan Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo Bisa Pangkas Waktu Tempuh Perjalanan (bpjt.pu.go.id)

– Tol Trans Jawa semakin bertambah panjang dengan dibangunnya ruas baru yakni tol Solo – Yogyakarta - YIA Kulonprogo.

Tol ini digadang-gadang mampu memangkas waktu tempuh perjalanan dan terkoneksi langsung dengan 3 (tiga) bandara lainnya sekaligus.

Dengan total panjang 96,57 km, jalan tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulonprogo ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca Juga: Segitiga Emas Pertumbuhan Bakal Hadir Usai 3 Tol Baru Ini Terkoneksi ke Tol Trans Jawa, Kotamu Kecipratan Untung Gak? 

Saat ini konstruksinya terus berjalan dan memberikan peningkatan progres yang signfikan.

Diketahui bahwa untuk Seksi 1 ruas Kartasura – Purwomartani dengan panjang 42,38 km terbagi menjadi Paket 1 (Solo – Klaten) sepanjang 22,30 km dan memperlihatkan progres konstruksi mencapai 53,94 persen.

Di sisi lain, untuk Paket 2 (Klaten – Purwomartani) sepanjang 20,08 km juga memperlihatkan progres konstruksi yang masih kecil yakni 4,57 persen saja.

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Getaci Punya Nilai Investasi Rp37,14 Triliun! Bakal Mulai Digarap Tahun 2024 Kuartal 2: Saat Ini Masih Tahap… 

Kementerian PUPR berharap bahwa kedua paket pekerjaan tersebut dapat selesai pada kuartal ke-3 tahun 2024.

Lalu untuk Seksi 2 Purwomartani – Junction Sleman yang memiliki panjang 22,36 km ditargetkan akan selesai konstruksinya pada kuartal 3 tahun 2026 mendatang.

Terkhusus untuk Purwomartani hingga Maguwoharjo sepanjang 3,63 km dan Trihanggo hingga Junction Sleman sepanjang 3,25 km ditargetkan selesai konstruksi pada tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Tol Getaci Segmen Gedebage-Ciamis Diprediksi Konstruksi Tahun 2024, Berikut Daftar Lokasi Gerbang Tolnya 

Sementara itu, untuk Seksi 3 Selaman - Purwoharjo sepanjang 38,57 km ditargetkan selesai konstruksinya pada kuartal 3 tahun 2025.

Dengan demikian maka setelah pembangunan jalan tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo selesai konstruksinya dan beroperasi akan dapat meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah segitiga emas Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat