bdadinfo.com

Akhirnya Fungsional Demi Mudik Lebaran 2024, Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Dapat Dimasuki Lewat Beberapa Akses Ini: Pahami Dulu Sebelum Lewat - News

Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Dapat Dimasuki Lewat Beberapa Akses Ini: Pahami Dulu Sebelum Lewat (bpjt.pu.go.id)

– Bagi yang hendak mudik ke Solo atau Yogyakarta, ada kabar baik untuk musim lebaran 2024 ini.

Pasalnya, sebagian ruas jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA akan kembali difungsionalkan dan para pemudik dapat menggunakan akses baru ini.

Hal ini sebagai upaya pemerintah untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran 2024.

Baca Juga: Fungsional Saat Mudik Lebaran 2024, Eitss Enggak Semua Golongan Kendaraan Bisa Lewat Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo: Terbatas untuk… 

Kendati yang dimaksud adalah tol Solo-Yogyakarta-YIA, namun jalur fungsionalnya yang dibuka saat mudik lebaran mendatang adalah pada bagian dari pekerjaan tahap I segmen Kartasura-Klaten.

Sama halnya dengan momen libur Nataru 2023/2024 lalu, jalan tol ini kembali difungsionalkan.

Perbedaannya adalah pada momen lebaran mendatang, sudah ada progres dalam pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA ini.

Baca Juga: Dibuka Mulai dari Jam 6 Pagi Hingga 5 Sore, Hanya di Lokasi Ini Saja Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Buka 24 Jam Saat Fungsional di Mudik Lebaran 2024 

Sehingga terdapat penambahan panjang ruas yang fungsional dibandingkan pada akhir dan awal tahun kemarin.

Panjang jalur fungsional yakni mencapai 22 km, dengan begitu panjang lintasannya bertambah 9 km dari panjang jalan tol fungsional pada Nataru kemarin.

Selain itu, arus lalu lintas yang akan melewati Solo dan Yogyakarta juga diprediksi akan lebih besar dibanding pada saat Nataru kemarin.

Baca Juga: Siap-siap Mudik ke Kampung Halaman! Pemudik Diimbau Lakukan 15 Tips Ini Agar Perjalanan Mudik Lebaran Semakin Aman dan Nyaman 

“Untuk fungsionalisasi pada arus mudik Lebaran kami rencanakan minimal (para pemudik) dari Solo sudah bisa exit di Kecamatan Ngawen, Klaten,” kata Ahdal.

Lebih lanjut, Ahdal menerangkan bahwa arus lalu lintas yang akan diberlakukan adalah satu arah dengan menggunakan satu jalur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat