bdadinfo.com

Fungsional Saat Mudik Lebaran 2024, Eitss Enggak Semua Golongan Kendaraan Bisa Lewat Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo: Terbatas untuk…  - News

Enggak Semua Golongan Kendaraan Bisa Lewat Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo: Terbatas untuk…  (binamarga.pu.go.id)

– Pemerintah rencananya akan memfungsionalkan sebagian ruas pada jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo pada mudik lebaran 2024 mendatang.

Hal tersebut dilakukan demi mendukung kelancaran arus mudik pada momen tersebut.

Kendati demikian, belum semua golongan kendaraan bisa melewati jalan tol tersebut loh.

Baca Juga: Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Difungsionalkan Demi Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024, Bertambah Panjang Segini Dibandingkan Saat Nataru

Jalur Fungsional yang dapat dilalui oleh para pemudik merupakan bagian dari pekerjaan Tahap I jalan tol ini, yakni segmen Kartasura-Klaten.

Berbeda dari saat momen Nataru 2023/2024 lalu, jalan tol ini sudah ada penambahan panjang ruas.

Menurut Pimpinan Proyek PT. Jasamarga Jogja Solo, Muhammad Ahdal Masruhin saat ditemui di lokasi konstruksi, panjang jalur fungsional sekitar 22 km atau bertambah 9 km dari panjang jalan tol fungsional pada Nataru kemarin.

Baca Juga: Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Bertambah Panjang 9 KM Dibandingkan Saat Nataru, Arus Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran Diprediksi Lebih Besar? 

Para pemudik dari Solo juga ketiban untung karena pada momen mudik lebaran ini, bagi yang berada dari arah Solo kini sudah bisa exit di Kecamatan Ngawen, Klaten.

Menurut prediksi, arus lalu lintas pada momen mudik lebaran ini juga lebih besar dibandingkan dengan saat Nataru bagi para pemudik yang akan melewati Solo dan Yogyakarta.

Untuk itu, arus lalu lintas yang diberlakukan beberapa aturan ketat seperti pemberlakuan satu arah saat masa mudik dan masa arus balik.

Baca Juga: Wow! Jalan Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo Bisa Pangkas Waktu Tempuh Perjalanan: Terkoneksi dengan 3 Bandara Lainnya Sekaligus 

Juga diberlakukannya aturan jam operasional dan jam tutup bagi jalan tol fungsional ini.

Terakhir, diberlakukan pembatasan mengenai jenis kendaraan yang dilarang dan diizinkan melintas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat