bdadinfo.com

Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Difungsionalkan Demi Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024, Bertambah Panjang Segini Dibandingkan Saat Nataru - News

Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Difungsionalkan Demi Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024 (bpjt.pu.go.id)

– Demi mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2024 ini, jalan tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogi kembali difungsionalkan.

Sebelumnya, jalan tol ini juga sudah pernah difungsionalkan demi mendukung arus lalu lintas saat musim libur panjang Nataru 2023/2024 lalu.

Saat ini, dikabarkan bahwa panjang jalan tol yang menghubungkan Solo dengan Yogyakarta ini semakin bertambah panjang dari saat dibuka saat momen Nataru.

Baca Juga: Dibangun ‘Melayang’, Ini Jawaban Menteri PUPR Saat Ditanya Kapan Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta – Bawen Tuntas 

Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Proyek PT. Jasamarga Jogja Solo, Muhammad Ahdal Masruhin.

Saat ditemui di lokasi konstruksi pada bulan Februari lalu, ia mengatakan bahwa terdapat penambahan panjang ruas yang fungsional dibandingkan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) lalu.

Panjang jalur fungsional yang dapat dilewati pemudik rencananya yakni mencapai 22 km.

Baca Juga: Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Bertambah Panjang 9 KM Dibandingkan Saat Nataru, Arus Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran Diprediksi Lebih Besar? 

Panjang tersebut sudah bertambah panjang sebanyak 9 km jika dibandingkan dengan panjang jalan tol yang fungsional pada saat Nataru.

Kendati masih terus dalam tahap konstruksi, hanya sebagian ruas jalan tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo saja yang akan difungsionalkan.

Jalur fungsional yang dapat dilalui oleh para pemudik merupakan bagian dari pekerjaan Tahap I jalan tol ini, yakni segmen Kartasura-Klaten.

Baca Juga: Demi Tak Ulangi Kesalahan yang Sama di Tol Semarang – Solo, Tol Yogyakarta – Bawen Bakal Dilengkapi Terowongan 

“Untuk fungsionalisasi pada arus mudik Lebaran kami rencanakan minimal (para pemudik) dari Solo sudah bisa exit di Kecamatan Ngawen, Klaten,” kata Ahdal.

Sebagai informasi, pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo memiliki total panjang lintasan mencapai 96,57 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat