bdadinfo.com

Dibuka Mulai dari Jam 6 Pagi Hingga 5 Sore, Hanya di Lokasi Ini Saja Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Buka 24 Jam Saat Fungsional di Mudik Lebaran 2024  - News

Hanya di Lokasi Ini Saja Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Buka 24 Jam Saat Fungsional di Mudik Lebaran 2024  (bpjt.pu.go.id)

– Satu lagi ruas jalan tol yang membentang dari Solo hingga ke Yogyakarta akan difungsionalkan dan menambah panjang jalan tol yang ada di Pulau Jawa.

Diketahui bahwa demi mendukung kelancaran arus mudik lebaran tahun 2024, sebagian ruas jalan tol Solo-Jogja-YIA akan dibuka.

Jalur fungsional yang dapat dilalui oleh para pemudik merupakan bagian dari pekerjaan Tahap I jalan tol ini, yakni segmen Kartasura-Klaten.

Baca Juga: Target Tuntas Mundur dari Februari ke April 2024, Flyover Sekip Ujung Siap Mengurai Kemacetan di Persimpangan Jalan Ini, Berapa Total Panjangnya? 

Menurut Pimpinan Proyek PT. Jasamarga Jogja Solo, Muhammad Ahdal Masruhin, terdapat penambahan panjang ruas yang fungsional dibandingkan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) lalu.

 “Untuk fungsionalisasi pada arus mudik Lebaran kami rencanakan minimal (para pemudik) dari Solo sudah bisa exit di Kecamatan Ngawen, Klaten,” katanya.

Sementara itu, untuk panjang jalur fungsional sekitar 22 km atau bertambah 9 km dari panjang jalan tol fungsional pada Nataru kemarin.

Baca Juga: Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Difungsionalkan Demi Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024, Bertambah Panjang Segini Dibandingkan Saat Nataru

Diprediksikan juga bahwa arus lalu lintas yang akan melewati Solo dan Yogyakarta akan lebih besar dibanding pada saat Nataru 2023/2024.

Untuk itu, bakal diberlakukan sistem satu arah dengan menggunakan satu jalur.

Bagi pemudik yang hendak melewati tol ini saat masa arus mudik maka sistem satu arah yang diberlakukan tol Solo-Jogja-YIA adalah dari arah Solo ke Yogyakarta.

Baca Juga: Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Bertambah Panjang 9 KM Dibandingkan Saat Nataru, Arus Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran Diprediksi Lebih Besar? 

Sementara itu, untuk pemudik yang bakal melintasi tol ini saat masa arus balik maka sistem satu arahnya dari arah Yogyakarta ke Solo.

Perlu diperhatikan juga jam operasional dari jalan tol fungsional ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat