bdadinfo.com

Sistem Satu Arah Diberlakukan pada Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Kulunprogo pada Momen Lebaran 2024, Begini Aturan Mainnya - News

Aturan Main Sistem Satu Arah Diberlakukan pada Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Kulunprogo pada Momen Lebaran 2024 (bpjt.pu.go.id)

– Kabar baik datang dari salah satu jalan tol yang menghubungkan Solo dengan Yogyakarta.

Demi mendukung kelancaran arus lalu lintas saat momen lebaran 2024, sebagian ruas jalan tol Solo-Jogja-YIA Kulonprogo akan difungsionalkan seperti saat menyambut momen Nataru 2023/2024 lalu.

Kendati demikian, pengendara harus memperhatikan beberapa aturan khusus yang diberlakukan. Salah satunya adalah dengan diberlakukannya sistem satu arah pada jalan tol ini.

Baca Juga: Sumatera Utara Fungsionalkan 2 Ruas Tol Kutepat Demi Pemudik, Mulai 4 April hingga 16 April: Masa Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 Lancar? 

Untuk diketahui, jalur fungsional yang dapat dilalui oleh para pemudik merupakan bagian dari pekerjaan Tahap I jalan tol ini, yakni segmen Kartasura-Klaten.

Berbeda dari saat fungsional di momen Nataru, jalan tol Solo-Jogja-YIA Kulonprogo ini sudah semakin bertambah panjang.

Menurut Pimpinan Proyek PT. Jasamarga Jogja Solo, Muhammad Ahdal Masruhin saat ditemui di lokasi konstruksi pada akhir pekan lalu, panjang jalur fungsionalnya sudah mencapai 22 km atau bertambah panjang sebanyak 9 km dari saat fungsional sebelumnya.

Baca Juga: Akhirnya Fungsional Demi Mudik Lebaran 2024, Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Dapat Dimasuki Lewat Beberapa Akses Ini: Pahami Dulu Sebelum Lewat

Selain itu, pada momen lebaran 2024 ini diprediksikan bahwa pengendara yang melintasi wilayah Solo dan Yogyakarta juga akan lebih meningkat dibandingkan dengan momen Nataru kemarin.

Lebih lanjut, bagi para pemudik yang dari arah Solo kini sudah bisa exit di Klaten, yakni di Kecamatan Ngawen.

Dengan prediksi meningkatnya arus lalu lintas saat momen lebaran mendatang, jalan tol ini pun memberlakukan sistem satu arah dengan menggunakan satu jalur.

Baca Juga: Fungsional Saat Mudik Lebaran 2024, Eitss Enggak Semua Golongan Kendaraan Bisa Lewat Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo: Terbatas untuk… 

Jika sudah resmi satu arah, maka pada masa mudik yang akan diberlakukan adalah dari arah Solo ke Yogyakarta.

Sementara itu, untuk sistem satu arah pada masa arus balik maka yang akan diberlakukan adalah dari arah Yogyakarta ke Solo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat