bdadinfo.com

Upayakan Tol Bocimi Tetap Fungsional Saat Mudik Lebaran, Menteri PUPR Lakukan Ini sebagai Penanganan Sementara - News

Upayakan Tol Bocimi Tetap Fungsional Saat Mudik Lebaran, Menteri PUPR Lakukan Ini sebagai Penanganan Sementara (Foto: Instagram @kemenpupr)

 – Jalur Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang longsor di KM 64 pada Rabu, 3 April 2024, lalu diupayakan tetap fungsional saat mudik Lebaran 2024.

Oleh sebab itu, Menteri Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta dilakukan penanganan sementara pasca longsor.

“Jalan Tol Bocimi yang longsor itu Pak Menteri PUPR meminta perbaikan sementara dalam tiga hari ini,” ungkap Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin pada Jumat, 5 April 2024, dilansir Harianhaluan.com dari jabarprov.go.id.

Baca Juga: Tol Bangkinang-Koto Kampar Dibuka Gratis Selama Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024: Pekanbaru ke Sumbar Cuma 90 Menit Padahal Dulu 3 Jam Lebih!

Bey Machmudin dan Basuki Hadimuljono telah meninjau lokasi longsor Tol Bocimi Seksi 2, tepatnya di KM 64+600 A arah Jakarta ke Sukabumi.

Meski mendapat penanganan sementara, Tol Bocimi Seksi 2 masih belum bisa dilewati dua arah. Ruas tersebut hanya bisa dilakukan satu jalur dari arah Jakarta ke Sukabumi untuk sementara.

“Sementara tidak akan bisa dilewati untuk dua arah, jadi hanya satu arah ke Sukabumi,” jelas Bey Machmudin.

Baca Juga: Asyik! Masuki Momen Mudik Lebaran Idul Fitri 2024, Jalan Tol Penghubung Riau-Sumatera Barat ini Beroperasi Gratis Selama 11 Hari: Catat Tanggalnya

Menurut Bey Machmudin, jalur tersebut kemungkinan akan dibuka kembali awal pekan depan. Ia memastikan akan dilakukan uji kelaikan sebelum jalur dibuka kembali.

“Kemungkinan Senin atau Selasa pekan depan dibuka, tapi akan diasesmen dulu kelaikan dan kekuatannya,” papar Bey Machmudin.

Adapun penanganan sementara dilakukan dengan memasang tiang pancang untuk memperkuat bagian yang terdampak longsor.

“Untuk penanganan sementara dalam tiga hari ini akan dipasang sheet pile dan ditutup terpal agar terlindungi dari hujan,” tutur Basuki Hadimuljana, dilansir Harianhaluan.com dari tribratanews.polri.go.id.

Dilansir Harianhaluan.com dari akun Instagram Kementerian PUPR, penanganan permanen akan dilakukan setelah Lebaran 2024.

“Sementara penanganan permanen akan dilakukan setelah Lebaran 2024 dan ditargetkan selesai dalam waktu sekitar dua atau tiga bulan,” tulis Kementerian PUPR dalam postingannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat