bdadinfo.com

Nasib Harta Karun di Solok Selatan Dikuras Habis oleh Tangan-Tangan Serakah, Alam Sekitarnya Kritis, Bukit-bukit dan Sungai Menangis Kepada Tuhan - News

tambang emas Jorong Jujutan Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Solok Selatan, Sumatera Barat. Semenjak tahun 2020 aktivitas tambang emas di Solok Selatan sudah memperlihatkan penurunan.

- Sekitar 200-an meter dari jalan tanah, tampak lima orang sedang beraktivitas. Satu orang memegang pipa, satu mengais-ngais tanah timbunan.

Dua orang tampak duduk di tanah timbunan berkeliling lubang-lubang menganga berair keruh bak susu coklat. Ada satu mesin, biasa disebut dompeng. 

Begitulah pemandangan di lokasi tambang emas Jorong Jujutan Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Solok Selatan, Sumatera Barat.

Raungan mesin penyedot air bergema memantul dari dinding batu dan tanah. Raungannya terdengar berirama dan seakan saling bersaing mengeluarkan suara yang kuat.

Baca Juga: Riau Memang Cerdas! Punya Jembartan Baru Pecahkan Rekor Jadi yang Terpanjang di Nusantara Hubungkan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera

Setidaknya ada tujuh mesin pompa yang hidup. Semua pompa itu menyedot mata air yang sama di dasar lubang yang tampak bagai kawah gunung.

Air yang disedot lalu ditembakkan ke dinding tanah dan batu. Seorang pekerja yang memegang ujung selang berdiameter 1 inci bertugas mengarahkan tembakan air memecah dinding. Dinding tanah dan batu pun berguguran.

Pekerja lainnya mengumpulkan tanah itu ke dalam karung. Begitu karung penuh terisi, segera dibawa ke sekelompok pekerja yang duduk melingkar.

Tanah dalam karung dikeluarkan dalam beberapa genggaman dan dipindahkan ke jae—peralatan dulang yang terbuat dari kayu atau alat dulang piringan besar berwarna hitam.

Baca Juga: Harga Tiket Bus Murah Mudik Lebaran 2024 Rute Padang-Jakarta Jadwal Keberangkatan Tanggal 12-14 April 2024, Buruan! Nanti Ludes

Para pekerja yang mendulang sebagian besar adalah wanita. Mereka duduk melingkar, bekerja tanpa suara.

Di sebelah utara, sekitar 30 meter dari lokasi kelompok orang yang manggarai (mendulang), sebuah eskavator tengah bekerja. Alat berat berwarna kuning itu melakukan penggalian.

Membuat lubang di sisi kemiringan runtuhan lubang besar. Sementara tanah galiannnya di buang ke lubang yang sudah tak terpakai.

Agak lebih jauh ke arah samping kanan, terlihat dua eskavator berkerjasama membuat trap. Dari atas terihat kedua alat berat bekerja dengan kompak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat