bdadinfo.com

Awas, Akan Ada Kemacetan Terjadi Saat Arus Balik Mudik 2024, Inilah Daftar Ttitk Rawan Kemacetan yang Dirilis oleh Kakorlantas dan Menhub - News

Jadwal Sistem Contraflow Arus Mudik Lebaran 2024 di Tol Trans Jawa

- Arus Balik Mudik tahun 2024, menjadi yang tidak dapat dihindari, bagi yang ingin kembali pulang ke rumah, karena harus siap bekerja pada hari Senin esok.

Tol Trans Jawa, menjadi salah satu akses yang paling rawan terjadinnya kemacetan, dengan alasan banyak sekali kendaraan yang akan melintasi pada arus balik.

Korlantas Polri menyebut ada empat titik rawan akan kecelakaan di ruas Tol Trans Jawa, sehingga dilakukan Pemetaan yang tersebar dari ruas tol dari Surabaya hingga Jakarta, agar para pemudik lebih waspada.

Baca Juga: Kalimantan Timur Bangun Jembatan Sepanjang 90 Meter, Sejak Tahun 2014 Sudah Habis Anggaran Segini

Untuk itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol, Aan Suhanan, mengatakan bahwa titik rawan kecelakaan di Tol Trans Jawa, harus menjadi perhatian para pemudik saat arus balik.

“Kami sudah mendapatkan data titik rawan kecelakaan, mulai dari Surabaya menuju Jakarta,” ucap Aan, sebagaimana dikutip dalam ungkapan yang disampaikan pada Jumat, 12 April 2024.

Namun, yang menarik adalah titik rawan tersebut terjadi di jalan Tol Trans Jawa, dan dimulai dari arah Km 570, Km 429, dan Km 370 hingga Km 360.

Pada titik tersebut, biasanya para pemudik mulai mengalami kelelahan saat berkendara dari timur ke barat, terutama yang ingin segera buru-buru pulang ke Rumah.

“Ini meeupakan titik yang rentan kecelakaan, karena sering terjadinya kecelakaan tunggal,” tambahnya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan, bahwa titik rawan yang perlu diantisipasi saat arus balik, adalah ketika memasuki daerah Semarang dan akses masuk ke Jakarta.

Baca Juga: PDIP Menutup Pintu Mengusulkan dan Mendukung Bobby Nasution di Pilgub Sumatera Utara dan Pilkada Serentak 2024

“Itu merupakan tempat yang bisa menjumpai banyak jalan,” ucap Budi Karya.

Oleh karena itu, Budi menghimbau para pengendara, untuk mengambil pilihan beristirahat saat keluar di Tol Cirebon atau Tegal.

“Karena jalannya lurus, tidak besar, dan nyaman dilalui, menjadi titik lelah, Oleh karena itu, kendaran pribadi harus berhati-hati, jika seandainnya lelah berhenti, masuk ke Cirebon atau Tegal dan sebagainya," tambah Budi.

Keselamatan dan keamanan, menjadi prioritas bagi Korlantas dan Menhub, agar tidak mengurai kemacetan dan kecelakaan, selama arus mudik di Tol Trans Jawa 2024.

Selain keselamatan dan keamanan, dihimbau bagi para pengendara untuk selalu menjaga kesehatan, dan tidak memaksakan diri saat mengendara jika sudah dalam keadaam lelah maupun capek.

Arus balik pada dua hari terakhir, masih sepi dan tidak akan menyebabkan kepadatan. Namun diperkirakan puncak arus balik terjadi pada H+3 atau Minggu, 14 April dan H+4 atau Senin, 15 April.

Baca Juga: Kemenlu RI Bantah Indonesia Akan Menormalisasi Hubungan Israel Demi Masuk OECD, Singgung Kekejaman di Gaza

Jadi, jika ingin pulang agar bisa beraktivitas pada hari senin, Menhub menyarankan untuk pulang lebih awal, Jumat - Sabtu untuk menghindari kemacetan di Jalan tol.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat