bdadinfo.com

Numpang Lewat! Baru Diresmikan Jokowi Jalan Rusak Dipersolek Kembali Senilai Rp161 Miliar Bukan di Jatim, Ternyata di Provinsi Ini... - News

IJD, Gorontalo (Freepik)

- Baru diresmikan oleh Jokowi belum lama ini terkait Percepatan Pembangunan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Gorontalo pada Senin 22 April 2024.

Pembangunan Inpres Jalan Daerah (IJD) merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat untuk meningkatkan konektivitas dan produktivitas di daerah. 

Presiden Jokowi menekankan bahwa pentingnya infrastruktur jalan daerah untuk mendukung produksi lokal seperti kelapa dan jagung.

Baca Juga: Kemenkes Gelar Rakerkesnas 2024, Targetkan Pemerataan Layanan Rujukan dan Penyediaan Alat Kesehatan

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dampingi Jokowi meresmikan 5 ruas jalan daerah di Provinsi Gorontalo yang ditangani melalui Instruksi Presiden (Inpres). 

Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 terkait Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Hadirnya konektivitas jalan memiliki peran penting untuk meningkatkan produktivitas di daerah terutama dalam mengangkut hasil pertanian. 

Baca Juga: Presiden Joko Widodo akan Beri Dukungan Pembangunan SDM dan Fasilitas Kesehatan di RSUD Kondosapata Sulawesi Barat

Pasalnya hasil dari pertanian seperti jagung dan kelapa yang menjadi komoditas unggulan di Provinsi Gorontalo. 

“Kalau di sini ada produksi kelapa, ada produksi jagung, kalau enggak ada jalan mau dibawa ke mana?” ujar Jokowi saat acara peresmian di Kec. Dulupi, Kab. Boalemo. 

“Jalan sangat penting untuk menaikkan produktivitas di sebuah daerah,” tutur Jokowi. 

Baca Juga: Baru Diresmikan, Jalan Tol di Sumatera Utara Ini Curi Perhatian Jadi Tol dengan Pertumbuhan Trafik Lalu Lintas Paling Tinggi!

Kementerian PUPR telah menyelesaikan penanganan jalan daerah sepanjang 46,1km sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kemantapan jalan daerah. 

Serta, konektivitas yang terpadu dengan sistem jaringan jalan nasional sehingga komoditas yang diangkut langsung terdistribusi ke wilayah tujuan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat