bdadinfo.com

5 Titik Lokasi Harta Karun Terbesar di Sumatera Barat, Nomor. 1 Nagari Sarilamak Jaraknya 124 km dari Kota Padang - News

Pertambangan Galena Timah Hitam yang dijalankan oleh PT Mranti Mas Pratama di Rao Utara, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumater Barat merupakan salah satu tambang timah hitam yang telah aktif sejak tahun 2021.

- Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang ternyata ada 5 titik harta karun yang berlimpah.

Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Sumbar dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: Kegiatan Forikan, Genny Hendri Septa: Jumlah Konsumsi Ikan di Warga Kota Padang Meningkat

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari

Diketahui, ada 5 Kabupaten di Sumatera Barat ini simpan harta karun tambang timah hitam, cadangannya 889.825 ton.

Timah hitam merupakan logam yang mempunyai arti penting dalam bidang industri, sebab mempunyai kegunaan yang sangat luas. Seiring dengan kemajuan industri di Indonesia, impor timah hitam setiap tahunnya meningkat.

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah barat Pulau Sumatera yang dihasilkan dari adanya interaksi antara Lempeng Samudera Hindia dengan Lempeng Benua Eurasia.

Struktur yang terdapat di Sumatera Barat adalah struktur lipatan (antiklinorium) dan struktur sesar yang memiliki arah umum barat -laut tenggara.

Dilihat dari keadaan geologi yang sedemikian rupa, maka potensi barang tambang Timah Hitam di Provinsi Sumatera Barat sangat melimpah.

Pertambangan Galena Timah Hitam yang dijalankan oleh PT Mranti Mas Pratama di Rao Utara, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumater Barat merupakan salah satu tambang timah hitam yang telah aktif sejak tahun 2021.

Baca Juga: Pemkab Agam Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Fokus Tingkatkan SDM

Operasional tambang ini telah mampu memberikan penghidupan bagi ratusan tenaga kerja yang berasal dari komunitas lokal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat