bdadinfo.com

Survei Terbaru Spektrum Politika: Andre Rosiade Berpeluang Kalahkan Mahyeldi di Pilgub Sumbar - News

- Tingkat elektabilitas atau keterpilihan incumbent Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah ternyata tidak sekuat yang diperkirakan banyak pihak.

Bahkan, dari hasil survei terbaru Spektrum Politika, elektabilitas mantan Wali Kota Padang dua periode itu tidak sampai di angka 50 persen dan masih bisa dikalahkan.

Bahkan, satu nama yang disebut mampu menumbangkan Mahyeldi adalah anggota DPR asal Sumbar Andre Rosiade.

Baca Juga: Hadirkan Solusi Transaksi Internasional, Bank Mandiri Kenalkan Keandalan Livin’ di London

Direktur Riset Spektrum Politika Andri Rusta mengatakan hasil survei Spektrum Politika tanggal 22-27 April 2024 di 19 Kabupaten dan Kota menunjukkan data yang menarik.

Spektrum mengambil jumlah sampel 1.200 orang dengan melakukan tatap muka dan wawancara langsung. Semua surveyor dilakukan supervisi untuk keakuratan data dengan margin of error 2.9%.

“Kami baru saja selesai mengolah data yang diambil pada tanggal 22 sampai 27 April 2024. Artinya ini data terbaru pasca-Pemilu 20224 dan dimulainya era Pilkada serentak. Hasilnya memang, incumbent tidak begitu kuat, bahkan jauh di bawah 50 persen elektabilitasnya. Artinya, peluang untuk mengalahkan petahana masih terbuka sangat lebar,” kata Andri Rusta, Minggu,  5 Mei 2024 kepada wartawan.

Baca Juga: Amazing! JTTS Sudah Mengular Sampai di Dumai, Sekarang Orang Jakarta Berangkat Usai Sholat Subuh Bisa Makan Siang Sambil Nongkrong di Malaysia

Andri Rusta menyebut, hasil survei elektabilitas bakal calon Gubernur Sumbar 2024 dengan pertanyaan “Siapa yang akan bapak/ibu pilih sebagai Gubernur sekarang dari 10 nama berikut yang maju sebagai calon Gubernur Sumbar tahun 2024” mengungkapkan hasil incumbent tetap di nomor urut atas. Tapi tidak dominan.

Mahyeldi mendapatkan angka 36,80 %. Sementara saingannya yang terberat adalah Andre Rosiade dengan 19,00 %. Sementara Wakil Gubernur Audy Joinaldy hanya 2,30% saja.

“Angka elektabilitas Mahyeldi dan Andre Rosiade menang cukup dekat. Dan ini berpotensi terus merapat. Apalagi Andre Rosiade belum menyatakan maju Pilgub. Sementara Mahyeldi sudah dapat dipastikan kembali bertarung. Sementara calon-calon lain belum begitu terlihat, mungkin mantan calon Gubernur 2020 yang kembali terpilih menjadi anggota DPR RI asal Sumbar Mulyadi dari Demokrat yang lumayan di angka 16,40 %,” kata dosen FISIP Unand Padang ini.

Baca Juga: Pertarungan Sengit Fadly Amran vs Hendri Septa, Pilwalkot Padang 2024 Diprediksi Memanas

Nama lainnya, kata Andri Rusta, ada Mantan Bupati Pasaman yang terpilih menjadi anggota DPR RI dari Golkar Benny Utama dengan 6,90 %, disusul mantan Wali Kota Padang Panjang yang juga Ketua NasDem Sumbar Fadly Amran 4,20 %, Bupati Solok Epyardi Asda 3,80 %, Mantan Bupati Dharmasraya dua periode Sutan Riska 3,00 %, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri 1,70 persen dan mantan Kapoltabes Padang yang juga mantan Kapolda Papua Boy Rafli Amar 0,60 %.

“Untuk yang belum memberikan jawaban atau tidak tahu dan belum memutuskan serta ragu-ragu sudah di angka 5,30 % saja. Artinya, masyarakat Sumbar sudah punya pilihan meski masih bisa berubah. Karena belum ada pasangan calon yang diumumkan apalagi masa pendaftaran masih dua atau tiga bulan lagi,” kata Andri Rusta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat