bdadinfo.com

Waspada Penipuan Lewat SMS! Telkomsel Ajak Masyarakat Proaktif Melaporkan Nomor Ponsel Pelaku Penipuan - News

Telkomsel, mengajak masyarakat untuk proaktif melaporkan nomor ponsel yang diterbitkan perusahaan tersebut yang diduga digunakan untuk melakukan penipuan.

- Telkomsel, mengajak masyarakat untuk proaktif melaporkan nomor ponsel yang diterbitkan perusahaan tersebut yang diduga digunakan untuk melakukan penipuan.

“Kasus penipuan dengan menggunakan seluler masih terus ada.Untuk itu masyarakat diharapkan bisa berperan menekannya dengan melaporkan nomor handphone yang melakukan penipuan itu,” kata Supervisor Customer Care Operations Medan I Telkomsel, Camelia Rizkika, saat bincang-bincang bersama media di Medan, Kamis (16 /5/2024) malam.

Imbauan itu disampaikan untuk menekan kasus penipuan yang memanfaatkan nomor selular.

Baca Juga: Garuda Calling! STY Panggil 22 Pemain Hadapi Irak dan Filipina, Lucunya Sandy Walsh Ikut Komen Pakai Bahasa Indonesia yang Lagi Ngetren

Camelia menyebutkan, masyarakat yang ingin melapor dapat menggunakan layanan pengaduan dengan mengirim pesan singkat (sms) dengan format: Penipuan#nomorpenipu# ke nomor 1166.

Menurutnya, dalam proses menerima laporan masyarakat, Tim IT Telkomsel akan melakukan serangkaian verifikasi internal untuk melihat secara langsung aktifitas yang disinyalir sebagai perilaku penipuan.

“Kalau memang terbukti, Telkomsel akan langsung melakukan pemblokiran terhadap nomor yang melakukan penipuan tersebut," katanya.

Telkomsel mengajak masyarakat untuk proaktif melaporkan nomor ponsel yang diterbitkan perusahaan tersebut yang diduga digunakan untuk melakukan penipuan.

Ada Lima Pelapor Telkomsel Langsung Diblokir Nomor Terlapor

Dia menyebutkan, pemblokiran dilakukan jika Telkomsel mendapat laporan minimal dari lima pelapor.

Baca Juga: Lanjutkan Pembangunan Petahana, Hendri Septa Ambil Formulir di DPC Gerindra Kota Padang

“Minimal lima pelapor yang melaporkan, maka Telkomsel memblokir nomor yang dilaporkan sehingga pemilik kartu handphone itu tidak bisa lagi melakukan broadcast atau menghubungi nomor-nomor lain Jadi aksi penipuan bisa ditekan,” ujarnya.

Menurut dia, salah satu penipuan dari seluler antara dengan metode scamming lewat pengiriman aplikasi melalui layanan whatsapp yang jika dibuka maka akan terinstal menjadi alat si pengirim untuk mencuri data pada handphone si penerima.

Aplikasi untuk penipuan yang sering dikirim dalam format berujung tulisan APK dengan tulisan yang menyebutkan sebagai surat tilang, undangan pernikahan dan lainnya yang membuat orang tertarik untuk membukanya.

Aplikasi yang terinstal pada seluler tersebut akan menjadi alat si pengirim untuk meretas data yang ada di handphone orang yang mau ditipu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat