bdadinfo.com

Jepang Ingin Kembali Kuasai Harta Karun Emas Sumatera Barat? Pantes Ngotot Mau Bangun Tol Terowongan Termegah di Sumbar Ternyata Itu Alasan Sebenarnya - News

Saat ini publik di tanah air bertanya-tanya apabila ditemukan harta karun di terowongan ini maupun di sepanjang jalur tol yang melewati Bukit Barisan maka harta karun itu akan menjadi milik siapa?

 - Kontraktor Jepang melalui Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) sebagai pemenang tender pembangunan mega proyek tol terowongan di Sumatera Barat adalah pihak Jepang di mana akan dibangun tiga terowongan yang akan menembus Kawasan Bukit Barisan.

Saat ini publik di tanah air bertanya-tanya apabila ditemukan harta karun di terowongan ini maupun di sepanjang jalur tol yang melewati Bukit Barisan maka harta karun itu akan menjadi milik siapa?  

Diketahui, wilayah Bukit Barisan sendiri merupakan jajaran gunung yang terkenal memiliki potensi kandungan harta karun mulai dari emas dan mineral lainnya. 

Baca Juga: Pertarungan Hak Asuh hingga Ancaman Kekerasan, Inilah Kisah Perjalanan Berat Tamara Tamara Bleszynski

Terlebih lagi dari Utara hingga Selatan dari Aceh hingga Lampung semua merupakan jalur emas dan mineral di pulau Sumatera.

Memang belum ada penelitian lebih dalam apakah nanti jalur proyek jalan tol Trans Sumatera JTTS yang ada di Sumbar menyimpan potensi harta karun.

Ada atau tidak hanya saja terkait hal ini pernah disinggung oleh Lukman Edi Wakil Komisaris Utama PT Hutama Karya saat kunjungannya ke Sumbar beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Prabowo Tegaskan, IKN akan Dilanjutkan demi Masa Depan Indonesia

Edi mengatakan pembebasan lahan dari 5 Nagari kabupaten 50 kota memang belum tuntas meski demikian Hutama Karya selaku pekerja lapangan telah siap mengerjakannya.

Baik secara teknis dan dana ini nanti akan berada di seksi pangkalan Payakumbuh tepatnya di wilayah 5 Nagari kabupaten 50 kota yang berada di perbukitan Bukit Barisan.

Pembangunan merupakan baru belakangan memang mulai menemukan titik terang pasca masyarakat 5 Nagari di kabupaten 50 kota memberikan dukungan sebelumnya beberapa masyarakat di wilayah ini menolak pembangunan tol karena berbagai alasan salah satunya adalah karena berdampak pada situs adat.

Baca Juga: Tuliskan Kalimat S-P-O di Bab 2, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 2 SD Halaman 36 Kurikulum Merdeka

Terowongan ini akan dikerjakan  oleh kontraktor Jepang melalui Jepang internasional compression agency (JICA) adalah badan kerjasama internasional Jepang.

Dimana merupakan sebuah lembaga yang  didirikan oleh pemerintah Jepang khususnya untuk membantu pembangunan negara-negara  berkembang termasuk Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat