bdadinfo.com

Jawa Barat Dapat Jatah Bandar Udara Baru Bertaraf Internasional Telan Dana Jumbo Rp36 triliun, Bandar Udara Internasional Ali Sadikin Dilengserkan - News

Bandar Udara Internasional Karawang ini merupakan bandar udara pelengkap Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, sekaligus menggantikan proyek Bandar Udara Internasional Ali Sadikin yang dibatalkan pembangunannya.

- Bandar Udara Internasional Karawang adalah bandar udara yang dibangun di daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Indonesia.

Bandar Udara Internasional Karawang ini merupakan bandar udara pelengkap Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, sekaligus menggantikan proyek Bandar Udara Internasional Ali Sadikin yang dibatalkan pembangunannya.

Rencana pembangunan Bandar Udara Internasional Karawang di wilayah Karawang, Jawa Barat untuk yang saat ini masih menunggu hasil studi analisis mengenai dampak lingkungan yang dilakukan JICA yang diperkirakan rampung September 2012, rencanannya akan dibangun pihak swasta.

Baca Juga: YBM PLN Goes To School, 7 Siswa Berprestasi di SMK N 6 Kota Padang Dapat Beasiswa

Bandara yang akan dibangun di atas lahan Perhutani yang saat ini terdapat tanaman perdu atau lahan tidur menurut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti S Gumay tidak akan mengganggu lahan persawahan yang sudah ada.

Karena seperti diketahui Karawang merupakan salah satu sentra penghasil beras untuk pasokan nasional.

Namun begitu, pihaknya masih tetap menunggu hasil dari studi analisa JICA sebelum mengambil keputusan perencanaan pembangunannya.

“Pemerintah hanya pemrakarsa dan yang membangun swasta. Nantinya Bandara akan dibangun dengan mengusung eco air port, bandara yang berwawasan lingkungan,” ujar Herry di Jakarta.

Pengembangan bandara Karawang menurut Herry dilakukan dalam upaya mengurangi beban kepadatan di bandara Internasional Soekarno Hatta yang terus meningkat setiap tahunnya. Kapasitasnya nanti akan sama dan akan menjadi multi bandara.

Tak hanya itu saja, pembangunan bandara di Karawang juga nantinya akan berdampingan dengan Pelabuhan Cilamaya yang menurut rencana akan dibangun.

Dilengkapi juga dengan sarana transportasi kereta api dan jalan tol untuk mempermudah akses menuju bandara dan pelabuhan.

Baca Juga: DPRD Kota Pariaman Gelar Sidang Paripurna Pandangan Umum Fraksi Terhadap Nota Penjelasan LKPD Tahun 2023

Herry menambahkan, Karawang menjadi alternatif lokasi pembangunan bandara berdasarkan hasil analisa yang dilakukan JICA, dari empat wilayah di bagian Barat dan empat wilayah di bagian Timur Jakarta.

Bandar Udara Internasional Karawang yang baru ini telah direncanakan dibangun dengan biaya Rp36 triliun.

Saat ini, tercatat ada 6 bandara yang berdiri di Jawa Barat, meski begitu, provinsi ini kabarnya akan mendapatkan hadiah pembangunan 1 bandara lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat