bdadinfo.com

Jawa Timur Pasti Berjaya di Udara! Punya Bandara Udara Baru di Kabupaten Kediri Telan Dana Jumbo Rp13 Triliun Nggak Pakai Uang Negara - News

Beroperasinya Bandara International Dhoho ini memberikan alternatif baru bagi masyarakat wilayah Kediri Raya yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat dari atau menuju Kediri dengan waktu yang lebih singkat karena tidak lagi harus melalui Bandara Juanda.

 -  Proyek Bandar Udara Baru di Kediri merupakan proyek KPBU unsolicited yang diinisiasi oleh PT Gudang Garam Tbk.

Dalam mendukung perekonomian Indonesia, khususnya di Kabupaten Kediri dan sekitarnya.

Bandar Udara Kediri akan memberikan konektivitas yang lebih balk ke Jawa Timur bagian selatan, meningkatkan potensi pariwisata di Kab. Kediri dan sekitarnya.

Baca Juga: Harga Tiket Pertandingan Persahabatan antara Timnas Indonesia vs Tanzania, Dijangkau Mencapai Rp250.000 untuk 2 Kategori.

Serta dapat membuka lapangan pekerjaan baru terkait penyelenggaraan dan pengoperasian Bandar Udara, aktivitas maskapai penerbangan dan kegiatan komersial di Bandar Udara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan bertindak sebagai PJPK.

Nilai investasi proyek adalah sebesar Rp 13 Triliun dengan jenis pengembalian investasi berupa tarif dengan masa konsesi proyek adalah selama 50 tahun.

Perjanjian kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) yang diprakarsai badan usaha (KPBU unsolicited) Bandara Baru Kediri resmi ditandatangani.

Bandara di Kediri, Jawa Timur ini menjadi bandara pertama di Indonesia yang dibangun dengan pembiayaan swasta murni tanpa menggunakan dana negara (APBN - Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Penandatanganan dilakukan oleh Plt Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono dengan Presiden Direktur PT. Surya Dhoho Investama Istata Taswin Siddharta di Kantor Kemenhub Jakarta, Rabu (7/9).

Dan disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Kota Jember Pamitan! Ingin Berkembang Pesat di Jawa Timur, Gak Betah di Tempat Asalnya Bakal Bentuk 5 Kabupaten Baru, Resmi Diajukan ke Kemendagri

Adapun Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyaksikan secara daring.

“Ini momen bersejarah karena menjadi perjanjian KPBU unsolicited pertama di Indonesia,” ujar Menko Luhut.

KPBU unsolicited merupakan proyek yang diprakarsai dan diusulkan pembangunannya oleh badan usaha, bukan pemerintah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat